Senin, 13 Agu 2018 09:53 WIB

Kenali Kondisi Tubuh Agar Tak Keliru Pilih Pola Diet

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal dengan mengikuti tren diet terkini. Sebenarnya boleh saja mengikuti pola diet tersebut, tapi bisa jadi tidak efektif karena metabolisme tubuh tiap orang berbeda.

Menurut Spesialis Gizi Klinis, dr. Cindiawaty Pudjiadi, SpGK, MARS, MS, pola diet seseorang belum tentu cocok dengan orang lainnya. Sebab, ada perbedaan dalam gen yang berhubungan dengan nutrisinya, baik dalam hal penyerapan, metabolisme, dan lain-lain.


Untuk menentukan pola diet, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

"Jika ingin diet, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik yang ada di dekat tempat Anda sehingga diet yang dijalankan akan sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing orang," ujar dr Cindiawaty kepada detikHealth.

dr Cindiawaty mengungkapkan diet dapat dikerjakan oleh semua orang. Akan tetapi diet yang dijalankan harus disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhannya masing-masing. Pada anak-anak harus dipertimbangkan faktor pertumbuhan dan perkembangannya, jangan sampe nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan kurang.


Memenuhi kebutuhan tersebut, NutrigenMe Wellness Program hadir memberikan program kesehatan berbasis pemeriksaan genetik. Diet dilakukan menggunakan tes genetik kemudian dokter akan membantu untuk membuat rencana nutrisi serta olahraga sesuai hasil tes sehingga program diet berhasil. (ega/up)