Senin, 13 Agu 2018 12:32 WIB

Ronaldo Terserang Pneumonia, Ini Gejala Penyakit Tersebut

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ronaldo dikabarkan mengidap pneumonia, apa ya gejalanya? Foto: Michael Steele/Getty Images Ronaldo dikabarkan mengidap pneumonia, apa ya gejalanya? Foto: Michael Steele/Getty Images
Jakarta - Sang legenda sepak bola dunia, Ronaldo dikabarkan menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Ibiza. Mantan pemain timnas Brasil ini disebut mengidap pneumonia.

Pneumonia (atau kadang kita sebut dengan paru-paru basah) merupakan kondisi di mana paru-paru mengalami infeksi yang menyebabkan peradangan. Alveoli atau kantung udara dalam paru-paru bisa berisi cairan atau nanah, sehingga menyebabkan batuk berdahak, demam, kedinginan dan susah bernapas.


"Tingkat keparahan pnemonia bisa berkisar dari sedang hingga membahayakan nyawa. Penyakit ini serius bagi bayi dan anak-anak, orang di atas usia 65 tahun dan orang yang memiliki masalah kesehatan atau sistem imun yang melemah," demikian dilaporkan situs Mayo Clinic.

Gejala pneumonia juga bermacam-macam, misal tergantung dari tipe bakteri apa yang menyebabkan infeksi. Kadang mirip seperti demam atau flu, namun bisa dibedakan dari gejala-gejala berikut ini:

- Nyeri dada saat bernapas atau batuk
- Linglung atau perubahan pada mental (pada usia 65 tahun ke atas)
- Batuk, bisa juga berdahak
- Kelelahan
- Demam, berkeringat dan menggigil kedinginan
- Suhu tubuh merendah (pada usia 65 tahun ke atas dan orang yang memiliki imun lemah)
- Mual, muntah, atau diare
- Sulit bernapas
- Pada bayi baru lahir biasanya tak ada gejala, namun kadang ditandai dengan muntah, demam dan batuk, terlihat gelisah atau lemas atau kesulitan bernapas dan makan.


Dikutip dari BBC, setelah menjalani perawatan selama sekitar dua hari, kondisi Ronaldo kini dikabarkan sudah membaik. Mantan striker berusia 41 tahun tersebut menulis di akun Twitternya bahwa ia sakit sejak Jumat namun berharap dapat keluar pada Senin.

Berbagai ucapan mendoakan ia segera lekas sembuh datang dari penggemar dan juga rekan seprofesi dalam sepakbola. Salah satunya adalah mantan bek timnas Inggris, Rio Ferdinand yang mendoakan kesembuhannya lewat akun Twitternya.

"Just seen the news... hope your ok legend @Ronaldo get well soon!! #R9," cuitnya.





Tonton juga 'Serai, Bahan Sederhana Untuk Atasi Batuk-Pilek':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed