Senin, 13 Agu 2018 19:35 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Seseorang Mengalami Insomnia (2)

Suherni Sulaeman - detikHealth
Halaman 2 dari 4
1 Penuaan dini
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock

Bahkan satu hari tidak cukup tidur pun dapat berdampak pada kulit. Ya, kita bisa melihat bagaimana mata menjadi lebih kencang dan kulit menjadi lebih pucat ketika kehilangan beberapa jam tidur. Kurang tidur kronis dapat memiliki dampak besar pada kulit, di antaranya menyebabkan kulit menjadi longgar, membuat garis-garis halus muncul lebih cepat, dan menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata.

Ketika tubuh tidak mendapatkan jumlah tidur yang cukup, maka tubuh melepaskan sejumlah hormon yang disebut kortisol. Kortisol ini kemudian menghancurkan kolagen di kulit yang bertanggung jawab untuk menjaganya tetap kuat.

Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan ketidakseimbangan dalam hormon pertumbuhan manusia. Ketika kita muda, hormon ini diproduksi untuk membantu tubuh kita tumbuh, seiring bertambahnya usia, hormon ini bertanggung jawab untuk meningkatkan massa otot, memperkuat tulang, dan menjaga kulit tetap kencang. Hormon itu dilepaskan ketika kita tidur dan itu memainkan peran besar dalam perbaikan jaringan.

(hrn/up)
News Feed