Selasa, 14 Agu 2018 20:07 WIB

Peringatan Buat Para Jomblo! Kesepian Lebih 'Membunuh' Dibanding Obesitas

Noviani Widyaningrum - detikHealth
Sebaiknya buru-buru cari teman untuk bergaul, sebab kesendirian memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan/Foto: Thinkstock Sebaiknya buru-buru cari teman untuk bergaul, sebab kesendirian memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan/Foto: Thinkstock
Jakarta - Hati-hati jika kamu kerap merasa kesepian. Sebaiknya buru-buru cari teman untuk bergaul, sebab kesendirian memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan.

Para ahli menyatakan bahwa kesepian yang dirasakan seseorang akan lebih berbahaya dan mematikan dibanding obesitas. Tinjauan studi tentang kesepian mengatakan bahwa orang yang memiliki hubungan sosial yang buruk memiliki risiko sampai 50 persen kematian dini dibandingkan mereka yang memiliki hubungan sosial yang baik.

Peneliti dari Amerika Serikat tersebut menemukan bahwa isolasi sosial meningkatkan risiko kematian seseorang hingga 50 persen. Risiko itu lebih besar dibandingkan penyakit obesitas yang hanya meningkatkan risiko kematian 30 persen.

"Menjalin hubungan dengan orang lain secara sosial secara luas dianggap sebagai kebutuhan dasar manusia, yang penting bagi kesejahteraan dan kelangsungan hidup," ujar dr Julianne Holt Lunstand, profesor psikologi dari University Brigham Young, seperti dikutip dari New York Post.



"Contoh ekstremnya bayi yang dalam pengasuhan yang kurang kontak dengan manusia gagal untuk berkembang dan akan meninggal," tambahnya.

Merasa kesepian dianggap membuat orang merasa buruk mental dan fisik. Sebuah survey terbaru oleh Granset, situs jejaring sosial menemukan bahwa tiga perempat dari orang tua di inggris merasa kesepian. Kebanyakan dari mereka tidak pernah berbicara dengan seseorang tentang perasaan yang dialami.

"Ada bukti kuat bahwa isolasi sosial dan kesepian secara signifikan meningkatkan risiko kematian dini, dan besarnya risiko lebih besar dari indikator kesehatan lainya," jelas Lunstand.

Lunstand menyarankan orang-orang dapat mengatasi kesepiannya dengan meningkatkan keterampilan sosial.






Tonton juga 'Obesitas? Operasi bariatrik bisa jadi solusi!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed