Kamis, 16 Agu 2018 19:36 WIB

Kulit Bisa Mulai Terlihat Menua di Usia 23 Tahun

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada yang berulang tahun ke-23 tahun hari ini? Ciyee selamat ulang tahun ya! Nah di usiamu yang spesial ini, ternyata dokter spesialis kulit punya hal yang harus diungkapkan kepadamu nih. Penasaran?

"Kita enggak pernah tahu kita menua kapan, cuma ada beberapa literatur menemukan bahwa kayaknya kita itu kelihatan aging itu di usia 23 tahun, laki-laki dan perempuan, antara 23-25," kata dr Jonathan R. Subekti, SpKK, dari Bamed Skin Care. Say what?!

Penyebabnya apa? Ini dikarenakan banyaknya sel-sel yang rusak ketimbang dengan yang bisa diperbaharui. Dari sanalah mulai terlihat kerutan halus, flek, stretch mark, bahkan selulit di badan.


Karena itulah, perawatan wajah sebaiknya dilakukan sejak sedini mungkin. Apalagi masuk masa pubertas, kebanyakan orang mesti menunggu dulu nih timbul masalah yang gawat baru berkonsultasi ke dokter. Mulainya kapan dong? Yang ini biar dijawab dr Martinus, SpKK, ya.

"Sebenarnya tidak ada batasan pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk memulai perawatan kulit. Namun, umumnya remaja akan mulai inisiatif mencari perawatan kulit masuk pubertas, di mana mulai timbul kelainan kulit akibat pengaruh hormon androgen," jelas dr Martinus.

Hayo, mulai sekarang kamu harus mengenali nih jenis kulitmu. Tak lupa juga untuk memperhatikan kebersihan kulit wajah dengan rutin cuci muka. Ingat, jangan berlebihan juga ya cuci mukanya. Pokoknya demi kulit wajah yang selalu fresh sampai tua!

(ask/frp)