Senin, 20 Agu 2018 13:48 WIB

Sumbang Emas bagi Indonesia, Ini Manfaat Wushu Bagi Kesehatan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Olahraga wushu ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Foto: Agung Pambudhy Olahraga wushu ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Di ajang Asian Games 2018, Indonesia raih emas kedua di cabang Wushu berkat Lindswell Kwok. Pada Senin (20/8/2018), Lindswell meraih skor tertinggi saat turun di nomor Taijijian.

Wushu merupakan cabang olahraga seni beladiri. Bukan hanya mempelajari seni dan beladiri, wushu juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

Dikutip dari berbagai sumber, ini manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan mental jika kita berlatih wushu.


1. Melatih kekuatan

Sudah pasti olahraga wushu ini bisa meningkatkan kekuatan tubuh. Dikutip dari Physical Arts, wushu membangun otot-otot kaki, perut, lengan, dan punggung.

Bahkan menurut pelatih wushu, tanpa program latihan tambahan, seni beladiri wushu cukup untuk mengembangan otot namun membuat tubuh tetap langsing.

2. Melatih keseimbangan

Salah satu aspek terpenting dari wushu adalah keseimbangan. Gerakan wushu sering berdiri dengan satu kaki, gerakan seperti itulah yang bisa melatih keseimbangan tubuh tetap terjaga.

3. Meningkatkan stamina

Olahraga bukan sekedar membuang-buang stamina, tetapi justru bisa meningkatkan stamina tubuh. Salah satunya dengan berlatih wushu. Wushu mengharuskan kita untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat, berlatih terus-menerus dengan tekanan yang cukup tinggi juga bisa meningkatkan daya tahan kita.

4. Menurunkan tekanan darah dan detak jantung

Dikutip dari Book Martial Arts, wushu merupakan olahraga yang melatih kebugaran dengan ketat, serta meningkatkan keterampilan dan kedisiplinan. Wushu juga adalah olahraga dengan intensitas tinggi yang membutuhkan kebugaran ekstra. Dengan kebugaran yang selalu terlatih, itu bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah, dan bisa juga menurunkan tingkat detak jantung yang tinggi.

5. Meningkatkan konsentrasi mental

Seni beladiri seperti wushu mengharuskan kita untuk mengingat serangkaian gerakan, elemen inilah yang berfungsi untuk membuat kita fokus dan mempertahankan konsentrasi mental dengan baik.

6. Penghilang stres

Jika menginginkan hidup yang lebih terpusat dan mengalir begitu saja, kita bisa berlatih seni beladiri seperti wushu. Salah satu elemen wushu adalah mengendalikan pernapasan, kita juga diharuskan untuk menyingkirkan pikiran-pikiran yang mengganggu untuk lebih fokus.

Filosofi inilah yang sering diterjemahkan oleh sebagaian orang bisa menghilangkan stres.


(wdw/up)