Kamis, 23 Agu 2018 07:05 WIB

Raisa Hamil Muda, Ini Tanda-tanda Morning Sickness yang Perlu Diwaspadai

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sedang hamil muda seperti Raisa? Ada empat gejala yang wajib diwaspadai bunda terkait morning sickness.Foto: Dok. Instagram/raisa6690 Sedang hamil muda seperti Raisa? Ada empat gejala yang wajib diwaspadai bunda terkait morning sickness.Foto: Dok. Instagram/raisa6690
Jakarta - Pusing, mual, muntah atau morning sickness kerap ditemui pada ibu yang sedang hamil (bumil). Morning sickness umumnya membaik seiring waktu kehamilan. Namun tak jarang morning sickness makin parah hingga membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Dilansir dari Healthywoman, ada empat gejala yang wajib diwaspadai bunda terkait morning sickness. Gejala tersebut meliputi dehidrasi, muntah lebih dari empat kali per hari, dan penurunan berat badan lebih dari satu kilogram. Bumil harus segera memeriksakan diri, terlebih bila diikuti muntah darah berwarna merah atau kehitaman.

Morning sickness mempengaruhi satu dari 300 perempuan selama kehamilan. Para ibu biasanya merasakan ketidaknyamanan ini pada trimester pertama di pagi hari. Dalam beberapa kasus, morning sickness disertai peningkatan kepekaan indra penciuman.


Morning sickness terjadi akibat perubahan metabolisme dalam tubuh wanita selama hamil. Peningkatan produksi hormon esterogen, progesteron, human chorionic gonadotrophin (HCG), dan cholecystokinin menyebabkan perubahan pada pencernaan. Ibu hamil juga mengalami penurunan kadar gula akibat kebutuhan plasenta untuk energi.

Dokter biasanya merekomendasikan perubahan pola makan, banyak istirahat, dan konsumsi anti mual. Jika kesehatan bunda memburuk, dokter akan merekomendasikan pemberian cairan dan nutrisi lewat infus. Morning sickness umumya dapat diatasi dengan pola makan sehat, akupresure, dan banyak istirahat. Gejala ini tak perlu diatasi dengan obat, hingga terindikasi membahayakan kesehatan bunda dan janin.



(up/up)