Selasa, 28 Agu 2018 16:08 WIB

Bisa Menjurus ke Pelecehan, Hati-hati Komentari Aksi Buka Baju Jojo

Annissa Widya Davita - detikHealth
Fokus ke prestasinya ya, jangan cuma lihat aksi Jonatan Christie buka baju! (Foto: Agung Pambudhy) Fokus ke prestasinya ya, jangan cuma lihat aksi Jonatan Christie buka baju! (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Beragam komentar mewarnai aksi selebrasi Jonatan Christie alias Jojo saat bintang bulu tangkis Indonesia ini menyabet Asian Games 2018. Bagaimana tidak, Jojo spontan membuka baju dan memamerkan otot-otot tubuhnya yang kekar.

Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, menyebut wajar jika ada yang mengagumi tubuh Jojo yang memang sangat atletis. Namun ia menyebut, ada batasan tertentu dalam mengungkapkan kekaguman dalam arti positif.

"Kagum itu mengagumi sosok tersebut dalam satu, atau hal lain yang positif dari dirinya sebagai salah satu sikap menghargai sosok tersebut," tutur Veronica saat dihubungi detikHealth, Selasa (28/8/2018).

"Termasuk memberikan komentar yang bersifat positif ataupun membangun, dengan tetap mempertahankan kesopanan dan batasan ranah privasi," lanjutnya.



Dalam mengekspresikan kekaguman, ada kalanya seseorang melewati batas tersebut. Dalam kaitannya dengan aksi buka baju yang dilakukan Jojo, reaksi yang berlebihan itu bisa juga menjurus ke pelecehan.

"Ketika kekaguman masuk pada ranah privasi, membayangkan, memikirkan, membicarakan secara seksual, yang mengandung imajinasi liar atau asusila, maka ini sudah menyimpang dan masuk pada ranah pelechan seksual," jelas Veronica.

Membayangkan saja, menurut Veronica sudah bisa menjurus ke pelecehan. Ia menyarankan untuk selalu menanamkan self control atau pengendalian diri yang merupakan salah satu cara agar tidak terjerumus dalam pelecehan seksual.




Saksikan juga video 'Ternyata... Ini yang Bikin Jonatan Christie Selebrasi Buka Baju':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed