Rabu, 29 Agu 2018 18:21 WIB

Penting! Berpelukan Juga Ada Manfaatnya bagi Kesehatan Lho

Noviani Widyaningrum - detikHealth
Momen kebersamaan Jokowi dan Prabowo Subianto di venue silat Asian Games 2018 (Foto: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres) Momen kebersamaan Jokowi dan Prabowo Subianto di venue silat Asian Games 2018 (Foto: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres)
Jakarta - Sebuah momen menarik terekam di arena pencak silat Asian Games 2018 hari ini. Usai pesilat Hanifan Yudani mempersembahkan emas untuk Indonesia, dua kontestan pilpres 2019 Prabowo Subianto dan Joko Widodo tampak bersama-sama memeluk sang juara.

Momen ini seakan jadi penyejuk saat pendukung kedua kubu saling serang di media sosial. Hal lain yang juga penting untuk dicatat adalah bahwa ternyata berpelukan memberikan manfaat positif bagi kesehatan.



Sebuah studi yang diterbitkan oleh Carnegie Mellon University menyebut berpelukan kemungkinan besar bisa meredakan pilek. Selain itu, para ilmuwan dalam penelitian tersebut juga mencatat pelukan bisa menurunkan risiko stres hingga 32 persen.

"Memeluk orang-orang yang ada di bawah tekanan akan mengurangi risiko pilek yang biasanya terkait dengan stres," ujar Sheldon Cohen, psikolog yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Menurut Cohen, berpelukan bisa merangsang reseptor tekanan di bawah kulit, sehingga tubuh akan merasa rileks. Pelukan juga bisa meningkatkan produksi oksitosin yang merupakan hormon pemicu rasa nyaman.





Tonton juga 'Pelukan Sama Prabowo dan Hanifan, Jokowi: Bau!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)