Kamis, 30 Agu 2018 08:45 WIB

Kelamaan Duduk Bisa Menyebabkan Gangguan pada Otak

Christantio Utama - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi pekerja kantoran duduk terlalu lama di depan komputer memang sulit untuk dihindari sebab banyaknya tugas yang harus diselesaikan. Selain pekerja kantoran, beberapa orang yang sering bermain game juga sering memakan waktu lama dalam posisi duduk.

Dikutip dari New York Times, menurut sebuah studi terbaru duduk selama berjam-jam dapat menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terhambat. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan otak dalam jangka waktu yang panjang.



Otak membutuhkan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah untuk dapat bekerja secara normal. Dalam jangka waktu yang pendek, jika otak kekurangan darah bisa menyebabkan sulit berkonsentrasi dan mengingat sesuatu. Sedangkan dalam jangka yang lebih panjang bisa menyebabkan penyakit Neurodegeneratif seperti kemunduran kerja otak atau yang biasa dikenal dengan Demensia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Liverpool John Moores University di Inggris yang melibatkan 15 orang dewasa yang berprofesi sebagai pekerja kantoran mengungkapkan bahwa melakukan gerakan sedikit saja ketika seseorang sudah duduk terlalu lama di kursi bisa sangat membantu kinerja otak.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti juga mendapatkan informasi yang penting mengenai kapan dan berapa lama kita perlu melakukan aktivitas lain selain duduk.

"Hanya dengan berjalan-jalan sejenak selama 2 menit setiap 30 menit kita duduk dapat mengurangi risiko otak kita kekurangan asupan nutrisi dan oksigen yang didapatkan dari darah," ucap Sophie Carter salah satu pemimpin penelitian di Liverpool John Moores University, Inggris.




Saksikan juga video 'Kurang Tidur? Otak Bisa Makan Sel-selnya Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed