ADVERTISEMENT

Senin, 03 Sep 2018 12:36 WIB

Cerita Wanita yang Baru Sadar Kena Penyakit Mematikan Saat Donor Darah

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kissing bug penyebab penyakit Chagas. (Foto: Gettyimages)
Jakarta - Seorang wanita di California tak menyadari bahwa ia digigit oleh serangga kissing bugs yang bisa menyebabkan kematian. Hingga benjolan besar dan gatal muncul di leher wanita bernama Lynn Kaufer Hodson ini keesokan harinya.

Selama dua sampai tiga minggu, ia terus merasa gatal dan terasa berdenyut namun menolak untuk pergi ke dokter. Dua bulan kemudian, rutinitas donor darahnya lah yang mengungkap bahwa ia telah digigit oleh serangga mematikan tersebut.

Dilansir FoxNews, dalam surat yang dilayangkan kepadanya oleh Palang Merah Amerika (American Red Cross), disebut bahwa ada tanda-tanda Lynn terinfeksi parasit langka Trypanosoma cruzi yang bisa memicu penyakit berbahaya bernama penyakit Chagas.



Penyakit Chagas disebarkan oleh serangga yang disebut triatomine atau biasa dikenal kissing bugs. Berasal dari Amerika Latin, umumnya penyakit ini tidak menunjukkan adanya gejala sehingga banyak yang menyebutnya silent killer karena dapat mengganggu kinerja jantung.

Lynn menyebut ia harus menunggu lima bulan sebelum mendapatkan pengobatan untuk menangani infeksi tersebut karena banyak penyakit yang lebih diprioritaskan. Selama menunggu, ia memeriksakan diri ke dokter jantung sekali setahun untuk echocardiogram (ECG) dan elektrokardiogram (EKG) dan memakai monitor jantung selama 48 jam setiap setelah check-up.

Ia menyesalkan mengapa tidak dapat segera ditangani, karena menurut riset yang ia baca bisa sangat efektif. Hanya karena tidak banyak yang mengidapnya, penyakit yang ia idap walau mematikan masih dipandang sebelah mata.

"Aku orangnya sangat gila kendali, namun penyakit ini di luar kendali siapapun. Kamu bisa hidup dengan tekanan dan khawatir tentangnya atau ya hidup seperti biasanya. Hidup itu singkat, kamu berharap tetap baik-baik saja dan hidup seperti biasa," tandas wanita yang akan berusia 50 pada tahun ini.




Saksikan juga video 'Darah Unik Kakek Ini Selamatkan 2,4 Juta Bayi':

[Gambas:Video 20detik]

Cerita Wanita yang Baru Sadar Kena Penyakit Mematikan Saat Donor Darah
(frp/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT