Senin, 03 Sep 2018 16:08 WIB

2.530 FKTP Belum Ikut Rujukan Online BPJS Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Puskesmas, salah satu FKTP. Foto: detikHealth/Widiya Wiyanti
Jakarta - Sebanyak 2.530 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari seluruh Indonesia belum ikut dalam rujukan online. Faskes ini umumnya belum bisa mengakses aplikasi Primary Care (Pcare) secara real time dan online.

Faskes terkendala ketersediaan jaringan komunikasi dan data (jarkomdat) yang merupakan syarat utama rujukan online. "Untuk yang belum bisa online bisa menggunakan metode manual sampai kendala jarkomdat teratasi," kata Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Arief Syaifuddin, Senin (3/9).

Pcare memungkinkan pembaruan langsung data pasien dan sarana pada tiap FKTP peserta JKN. FKTP juga harus memasukkan database pelayanan obat-obatan, penunjang diagnosa, dan rujukan. Saat ini Pcare menggunakan versi 1.4.6 yang mulai bisa diakses pada Mei 2018.



Kendala juga dialami Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) untuk mengikuti rujukan online. Hambatan tiap rumah sakit berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang bersifat khusus. Hambatan ini antara lain data dokter spesialis/subspesialis yang kurang lengkap, mapping rumah sakit tujuan rujukan yang belum sesuai, dan rujukan kasus khusus yang belum seluruhnya terakomodir dalam sistem.

Arief mengatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan untuk FKRTL dalam uji coba kali ini. Hal tersebut meliputi kemudahan edit data sarana dan kompetensi, mapping berdasarkan jarak dan kemampuan yang memudahkan rujukan, dan penambahan fitur untuk kasus kanker, hemodialisa, thalasemia, hemofilia, transplantasi hati, transpalantasi ginjal, tuberculosis, jiwa, dan kusta.

Selain memudahkan pasien, rujukan dalam jaringan (daring) memungkinkan evaluasi faskes setiap saat. Sehingga, pasien bisa merasakan adanya perbaikan layanan. Uji coba rujukan daring terdiri atas tiga fase hingga (30/9), sebelum siap digunakan pada (1/10).




Saksikan juga video 'D'Tutorial: Langkah Mudah Daftar BPJS Kesehatan':

[Gambas:Video 20detik]

2.530 FKTP Belum Ikut Rujukan Online BPJS Kesehatan
(up/up)