Selasa, 04 Sep 2018 12:06 WIB

Resep Ramuan Obat Berusia 3.500 Tahun Terungkap, Apa Isinya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Resep obat tradisional berusia sekitar 3.500 tahun. (Foto: CNN) Resep obat tradisional berusia sekitar 3.500 tahun. (Foto: CNN)
Jakarta - Sekitar 3.500 tahun yang lalu ketika ilmu medis belum maju bagaimana caranya pasangan suami istri di Mesir bisa mengetahui kehamilan dan jenis kelamin anaknya kelak? Menurut peneliti modern jawabannya adalah dengan ramuan gandum-ganduman.

Hal itu terungkap ketika sekelompok peneliti internasional mengkaji kertas papirus yang berisi resep obat kuno. Ditulis dalam hieroglif resep menginstruksikan agar seorang wanita kencing ke dalam sekantung jelai (barley) dan gandum emmer.



"Kalau mereka tumbuh maka dia akan melahirkan. Kalau jelai yang tumbuh, anaknya laki-laki. Kalau emmer yang tumbuh, anaknya perempuan. Kalau tidak ada yang tumbuh, maka ia tidak akan melahirkan," tulis resep tersebut seperti dikutip dari CNN, Selasa (4/9/2018).

Sofie SchiĆødt selaku salah satu peneliti yang menerjemahkan resep obat menyebut bahwa metode tes kehamilan dengan gandum-ganduman ini juga disebutkan dalam peradaban kuno lain. Kemungkinan sumbernya sama yaitu rekaman medis yang dimiliki oleh orang-orang Mesir.

Apakah tes tersebut akurat? Menurut studi yang dipublikasi dalam jurnal Medical History 1963 tes gandum bisa memprediksi sekitar 70 persen kehamilan. Sementara untuk menebak kelamin anak tes sama sekali tidak bisa diharapkan.

Kemungkinan hormon yang ada pada urine wanita hamil memang bisa membantu pertumbuhan gandum sehingga tes memiliki akurasi yang cukup besar.




Saksikan juga video 'Tips Membuat Obat Batuk Tradisional dengan Bahan Rumahan':

[Gambas:Video 20detik]

Resep Ramuan Obat Berusia 3.500 Tahun Terungkap, Apa Isinya?
(fds/up)