Rabu, 05 Sep 2018 16:33 WIB

Cegah Pandemi, Kemenkes RI Prioritaskan 3 Penyakit Ini

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Antisipasi rabies antara lain dilakukan dengan kastrasi atau kebiri terhadap kucing liar (Foto: Rifkianto Nugroho) Antisipasi rabies antara lain dilakukan dengan kastrasi atau kebiri terhadap kucing liar (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Penyakit yang berpotensi jadi wabah atau pandemi harus selalu diwaspadai. Ada banyak penyakit potensi pandemik, namun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menetapkan 3 penyakit sebagai prioritas, yakni flu burung, rabies dan antraks.

Pretty Multihartina, Kepala Pusat Analisis Determinan Kesehatan Sekretariat Jenderal Kemenkes RI, menjelaskan kepada detikHealth bahwa alasannya adalah kasus ketiga penyakit tersebut lebih banyak terjadi dan mematikan.

"Kedua, penanganannya lebih sulit dan serius, rabies dan antraks pun juga. Karena iklim Indonesia antraks jadi ada di mana-mana, di tanah, di udara, atau di sapinya, tergantung di mana banyaknya dan menyerangnya. Serta pasti sudah dianalisa ketiganya," tuturnya, Rabu (5/9/2018).

Menurut data Kemenkes, kasus rabies ditemukan di Sulawesi Selatan dan Kalimantan Barat dengan jumlah masing-masing 22 orang. Rabies, sebutnya, jadi perhatian karena tidak ditemukan pada hewan ternak, namun pada hewan peliharaan dan satwa liar, misalnya anjing.

Kasus antraks terakhir dilaporkan tahun 2017di Kulonprogo, Yogyakarta dengan 16 orang antraks kulit dan satu orang suspect antraks di Sleman. Sedangkan flu burung H5N1 pernah menyerang Indonesia sejak 2006 dan menelan 168 korban jiwa.



Walau dalam tiga tahun terakhir disebutkan tidak ada kasus flu burung pada manusia, persebarannya masih banyak ditemukan pada unggas dan bahkan ditemukan mutasi virus baru H9N2 pada tahun 2016. Dikhawatirkan flu burung bisa berpotensi menjadi pandemi di Indonesia.

Sebanyak 80 persen penyakit pandemi berasal dari hewan, atau disebut zoonosis. Indonesia mengantisipasinya dengan beberapa program, seperti One Health Wellfare yang merupakan kolaborasi WHO, FAO dan OIE, aplikasi SIZE (sistem informasi zoonosis dan emerging infectious disease) dari Kemenko PMK dan PIS-PK dari Kemenkes.


Simak Juga 'CERDIK, Tips Kesehatan ala Kemenkes':

[Gambas:Video 20detik]


Cegah Pandemi, Kemenkes RI Prioritaskan 3 Penyakit Ini
(frp/up)