Kamis, 06 Sep 2018 09:04 WIB

Ini Cara Penuhi Asupan Serat bagi yang Tak Suka Sayur & Buah

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Banyak orang yang tidak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan karena berbagai alasan. Mulai dari rasanya yang pahit dan tawar hingga tidak terbiasa mengonsumsinya. Padahal asupan sayur dan buah sangat penting untuk memenuhi kebutuhan serat sehari-hari.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013, penduduk Indonesia yang cukup konsumsi sayur dan buah setiap hari hanya 6,5%. Perlu diketahui, seseorang dikatakan cukup mengonsumsi sayur dan atau buah apabila makan minimal lima porsi per hari selama tujuh hari dalam seminggu.


Medical Manager PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan serat pada sayur dan buah mampu mengikat air, selulosa, dan pektin. Dengan dipenuhinya kebutuhan serat harian, sisa-sisa makanan bisa diekskresikan keluar lebih cepat melalui saluran pencernaan.

"Tanpa bantuan serat, feses dengan kandungan air rendah akan lebih lama tinggal dalam saluran usus dan mengalami kesukaran melalui usus untuk dapat diekskresikan keluar karena gerakan-gerakan peristaltik usus besar menjadi lebih lamban," jelas dr Helmin kepada detikHealth, Kamis (6/9/2018).

Sementara jika tidak terbiasa mengonsumsi sayur dan buah, dr Helmin menyarankan agar diupayakan supaya sayur dan buah yang kaya manfaat tetap dikonsumsi dengan porsi yang pas. Tak harus dikonsumsi dalam bentuk sayur atau buah utuh, tapi bisa dibuat menjadi jus maupun salad.


Misalnya wortel bisa dijadikan campuran jus yang nikmat bersama dengan jeruk dan nanas. Kandungannya pun baik untuk tubuh karena wortel mengandung vitamin A yang membantu mempertahankan keutuhan lapisan mata. Sementara jeruk mengandung vitamin C untuk pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen serta nanas sangat baik untuk menghambat penyerapan lemak dan kolesterol.

Agar lebih praktis, konsumsi Vegie Fruit yang merupakan jus sari sayur dan buah pilihan dengan kualitas premium. Selain itu, dibuat tanpa pemanis dan pewarna buatan sehingga aman dikonsumsi setiap hari. (ega/up)
News Feed