Jumat, 07 Sep 2018 14:39 WIB

Viral Bocah Pakai Minyak Angin untuk Make Up, Ini Dampaknya Bagi Kulit

Annissa Widya Davita - detikHealth
Bocah ini viral setelah kepanasan akibat menggunakan minyak angin sebagai make up. (Foto: screenshoot youtube) Bocah ini viral setelah kepanasan akibat menggunakan minyak angin sebagai make up. (Foto: screenshoot youtube)
Jakarta - Menggunakan minyak angin sebagai alas bedak atau foundation seperti video viral yang diunggah bocah cilik, dianggap lelucon bagi sebagian warga net. Si bocah dalam video tersebut tampak kepanasan karena minyak angin secara cepat akan bereaksi jika dioleskan di permukaan kulit.

Nah buat kamu yang menganggapnya lucu, coba pikirkan lagi dampak buruknya. Spesialis kesehatan kulit dan kelamin, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK mengatakan, dampak jangka pendek pada kulit wajah adalah kulit akan merasa panas.



"Minyak angin umumnya mengandung bahan-bahan yang menimbulkan rasa panas," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (7/8/2018).

"Rasa perih bisa terjadi apabila terdapat iritasi akibat penggunaan yang berlebihan atau kulit yang diolesi minyak angin sudah mengalami iritasi sebelumnya," imbuh dokter yang akrab disapa dr Darma tersebut.

dr Darma menegaskan bahwa, selain merasakan efek panas, kulit juga bisa merasakan efek seperti rasa terbakar. Penggunaan minyak angin yang memang tidak dianjurkan pada bagian wajah akan menimbulkan reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan.

"Rasa gatal dan alergi bisa terjadi apabila ada reaksi alergi terhadap bahan minyak angin tersebut, namun ini terjadi hanya kepada orang tertentu yang memang memiliki bakat alergi," tutupnya.

(up/up)
News Feed