Kamis, 13 Sep 2018 12:03 WIB

Hati-Hati! Mencuci Tangan Terlalu Sering Berbahaya untuk Kesehatan

Christantio Utama - detikHealth
Terlalu sering mencuci tangan ternyata tidak baik untuk kesehatan. (Foto: Thinkstock) Terlalu sering mencuci tangan ternyata tidak baik untuk kesehatan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Semenjak kecil kita selalu diajarkan untuk mencuci tangan saat sebelum makan, sesudah makan, memegang hewan peliharaan dan pergi dari toilet. Hal tersebut bertujuan agar kuman yang berada di tangan tidak masuk ke dalam mulut atau tubuh.

Dikutip dari Times of India, menurut U.S. Centre for Disease Control and Prevention mencuci tangan adalah salah satu hal paling vital untuk menghindarkan seseorang dari sebuah penyakit.



Namun baru-baru ini terdapat himbauan yang menyebutkan bahwa mencuci tangan terlalu sering dapat merusak kulit dan mengurangi kemampuan kita untuk melawan bakteri tertentu.

Di daerah tangan kita sebetulnya tidak hanya terdapat bakteri kotor yang bisa masuk ke dalam tubuh, tapi juga hidup bakteri baik yang idealnya hidup di kulit tangan. Ketika suatu bakteri baik lahir mereka akan masuk ke dalam kulit dan tinggal di sana. Mencuci tangan dan mandi tidak akan menghilangkan bakteri tersebut, akan tetapi bila melakukannya secara berlebihan akan membuatnya terancam.

Bakteri baik yang berada di tangan memiliki manfaat untuk kita seperti menjauhkan kita dari berbagai penyakit. Kalau tangan kamu mulai terasa gatal, kering dan pecah-pecah mungkin itu pertanda bakteri baik mulai hilang dari tangan.

Para ahli juga menuturkan mencuci tangan terlalu sering dapat mengurangi kemampuan imunitas seseorang. Terutama bagi anak kecil yang lingkungan keluarganya terlalu sering mencuci tangan dan mengonsumsi antibiotik.

Kesimpulannya adalah mencuci tangan 100 persen tetap harus dilakukan, dengan syarat dalam kondisi yang memang dibutuhkan saja dan tidak berlebihan.





Saksikan juga video 'Cuci Tangan Jangan Lupa Pakai Sabun':

[Gambas:Video 20detik]

Hati-Hati! Mencuci Tangan Terlalu Sering  Berbahaya untuk Kesehatan
(Christantio Utama/up)
News Feed