Jumat, 14 Sep 2018 11:28 WIB

Kepala Bocah Ini Tertancap Penusuk Daging, Ajaibnya Selamat

Firdaus Anwar - detikHealth
Hasil rontgen Xavier menunjukkan posisi penusuk daging yang menembus kepalanya. (Foto: BBC) Hasil rontgen Xavier menunjukkan posisi penusuk daging yang menembus kepalanya. (Foto: BBC)
Jakarta - Ketika Xavier Cunningham (10) sedang bermain di atas pohon di daerah rumahnya di Missouri, Amerika Serikat, ia diganggu oleh tawon yang membuatnya kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Apa yang terjadi kemudian seperti dalam film horor, Xavier jatuh tepat ke atas besi penusuk daging.

Besi dengan panjang sekitar 30 sentimeter (cm) tersebut menusuk wajah Xavier hingga menembus kepalanya. Yang menakjubkan bagian vital Xavier seperti mata, otak, saraf tulang belakang, dan pembuluh darahnya tidak terkena.

Sang ibu, Gabrielle Miller, bercerita bahwa saat itu Xavier langsung jalan ke dalam rumah dengan penusuk daging masih menancap di kepala. Dirinya langsung dibawa ke rumah sakit University of Kansas di mana dokter melakukan operasi pengangkatan.



Ahli bedah saraf Koji Ebersole mendeskripsikan kondisi Xavier sebagai mukjizat medis. Tidak ada pendarahan karena tidak ada pembuluh darah yang tertembus dan seluruh organnya mulai dari mata hingga otak dalam kondisi sempurna.

"Kamu tidak bisa membayangkan skenario yang lebih baik. Kemungkinannya satu dari satu juta untuk tertembus lima sampai enam inci dari wajah hingga belakang kepala namun tidak terkena semua bagian penting ini," kata Koji seperti dikutip dari BBC, Jumat (14/9/2018).

Minggu (9/9) pagi operasi pengangkatan dilakukan dengan dokter berhati-hati mencabut batang besi agar tidak terkena pembuluh darah. Pada akhirnya operasi berhasil dan Xavier bisa kembali pulih meski mungkin suaranya akan sedikit terpengaruh.

"Saya tidak pernah melihat ada yang bisa selamat dari kejadian seperti ini, apalagi bisa sembuh sempurna atau hampir sempurna," pungkas dr Koji.

(fds/ask)
News Feed