Rabu, 19 Sep 2018 06:19 WIB

Al Ghazali Pingsan, Lakukan Ini untuk Bantu Korban Tak Sadarkan Diri

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Halaman 2 dari 4
1 Dr abc
Foto: dok Instagram Igtainment Foto: dok Instagram Igtainment

Pertama adalah D singkatan dari danger atau bahaya.

"Perhatikan lingkungan sekitar aman atau tidak, misalnya jatuhnya di tengah-tengah tangga, amankan dulu orang yang tidak sadar. Dengan bantuan kalau enggak sanggup, di bawa ke dasar lantai dulu," kata dr Cannes.

Kemudian gunakan alas yang keras, jangan empuk. Jika sudah terlanjur di kasur, beri alas yang keras misalnya papan setrika. Kemudian jangan lupa panggil ambulans untuk bantuan medis. Kemudian yang kedua adalah R, yakni respond.

"Ya kita cek respon korban. Bisa dengan panggilan dan rangsang nyeri. Misalnya 'pak', menepuk bahu, kok enggak sadar? Ada tulang dada kecil di bawah leher itu bisa ditekan untuk tes rangsang nyeri," jelasnya.

Kalau tidak respon, maka kita bisa cek dari napas dan detak jantung. Apakah ada atau tidak.

"Jika ragu, anggap tidak ada dan segera lakukan pertolongan," ujarnya.

Lalu A adalah airway atau jalan napas. Jangan sampai ada sumbatan jalan napas. Perhatikan apakah dada naik turun atau tidak. B adalah breathing dan c untuk circulation.

"Kalau masih bernapas sudah pasti ada detak jantungnya, jangan takut. Tapi sebaliknya, kalau pasien ada detak jantungnya, belum tentu ada napasnya. Yang C, circulation, kalau orang awam, masih ada nadi dan jantung berdetak enggak sih? Caranya dengan meraba nadi."

(ask/up)
News Feed