Kamis, 20 Sep 2018 08:21 WIB

Viral Video Cara Buka Helm Korban Kecelakaan, Ada Tekniknya Lho!

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Membuka helm korban kecelakaan ternyata nggak boleh sembarangan (Foto: twitter) Membuka helm korban kecelakaan ternyata nggak boleh sembarangan (Foto: twitter)
Jakarta - Membuka helm pada korban kecelakaan motor seringkali dilakukan begitu saja. Padahal, untuk membukanya ada cara tersendiri, agar korban yang ditolong tidak terluka lebih parah atau malah terjadi hal fatal.

Kepala merupakan bagian yang cukup vital, karena menjadi 'rumah' bagi seluruh sensor saraf besar di tubuh dan yang paling penting adalah otak. Sebuah puskesmas di Kecamatan Ukui, Kabupaten Palawang, Provinsi Riau mencontohkan cara simpel dan aman melepaskan helm pada korban kecelakaan motor.

Cara tersebut dibagikan dalam sebuah video yang diunggah di Twitter. Pertama-tama, seorang petugas kesehatan mempraktekkan dengan menyilangkan tangannya terlebih dahulu untuk memutar tubuh korban. Satu tangan diletakkan di punggung korban untuk menahan, satu tangan lagi menarik tubuh dari bagian depan, lalu putar tubuh korban secara perlahan.



"Tangannya silang ya, silang. Oke setelah tangan disilang, kepala pasiennya tetap kita tahan ya, kepala korban," ujar petugas kesehatan tersebut.



Setelah berhasil memutar tubuh korban, pengunci helm dibuka terlebih dahulu. Dalam praktek ini, diumpamakan penolongnya sebanyak dua orang, sehingga satu orang akan bertugas menahan kepala korban, sementara yang lain bertugas membuka helm perlahan.

Helm dibuka dengan cara tangan salah satu penolong masuk ke kedua sisi dalam helm bagian bawah, lalu angkat secara perlahan. Penolong lainnya, tetap dalam posisi menahan kepala korban agar tetap stabil dan tidak jatuh ke bawah.

Sebelum datang ambulans atau pertolongan lebih lanjut, usahakan kepala korban untuk tetap berada dalam posisi tersebut. Yang perlu dicatat adalah, lakukan semua langkah benar-benar secara perlahan dengan penuh kehati-hatian.






Tonton juga 'Pertolongan Pertama Saat Anak Demam':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)
News Feed