Kamis, 20 Sep 2018 10:00 WIB

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Rutin Konsumsi Air Kelapa

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Walaupun ginjal berperan penting, banyak orang yang menyepelekan kondisinya. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah membentuk sel darah merah. Bahkan ginjal juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh dan membantu proses terbentuknya vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Medical Manager PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi. Ia mengatakan ginjal memiliki fungsi untuk menyaring darah sehingga bahan yang bermanfaat akan diambil kembali sedangkan yang merusak akan dibuang.

Selain itu ginjal memiliki fungsi lain yakni mengontrol keseimbangan air dalam tubuh, menjaga tekanan darah dan tingkat garam dalam darah, serta keseimbangan asam-basa (pH) darah, dan berperan dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga, jika kesehatan ginjal tidak diperhatikan, setiap orang bisa saja mengalami gagal ginjal tanpa mengenal usia dan jenis kelamin.

"Jika ginjal mengalami kerusakan, semua fungsi diatas akan terganggu sehingga dapat mempengaruhi fungsi seluruh organ tubuh yang berakibat fatal," ujar dr Helmin kepada detikHealth.


Maka untuk menghindari penyakit ginjal, terapkan pola hidup sehat seperti konsumsi makanan yang tepat dan rutin berolahraga serta setop merokok. Cara praktis lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi air kelapa. Kandungan dalam air kelapa dipercaya bisa menstabilkan kadar gula darah yang sering menjadi perusak pembuluh darah ginjal. Bahkan air kelapa merupakan salah satu sumber alami yang baik untuk mencegah batu ginjal dan pengkristalan pada saluran kemih lainnya.

dr Helmin juga sependapat tentang air kelapa yang baik untuk ginjal. Menurutnya air kelapa mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk fungsi seluruh organ tubuh termasuk ginjal, namun tetap harus memperhatikan jumlahnya jangan sampai berlebihan, sebab apapun jika berlebihan akan tidak baik bagi tubuh.

Kini tak perlu repot mengonsumsi air kelapa secara rutin karena ada Hydro Coco yang dibuat dari air kelapa asli tanpa pemanis dan pengawet buatan. Nikmati air kelapa dari Indonesia di Hydro Coco.




Saksikan juga video 'Penderita Gagal Ginjal Tak Boleh Minum Terlalu Banyak':

[Gambas:Video 20detik]

(idr/up)
News Feed