Kamis, 20 Sep 2018 12:00 WIB

Al Ghazali Pingsan, Ini Bahaya Mengemudi Saat Badan Tidak Fit

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Al Ghazali, putra sulung Ahmad Dhani yang dikhawatirkan mengidap Stevens Johnson Syndrome (Foto: Palevi S/detikHOT)
Jakarta - Al Ghazali dikabarkan pingsan disertai muntah pada saat berkendara di daerah Condet, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Sang ayah, Ahmad Dhani, menyebut Al mengalami alergi setelah mengonsumsi obat anti-mabuk.

Dalam keseharian, seringkali orang yang tidak fit tetap memaksa dirinya untuk mengemudikan kendaraannya. Lalu, apa sih bahaya menyetir ketika badan sedang sakit?



Menurut penelitian dari Cardiff University, mengemudi saat sakit mampu mengurangi kemampuan kognitif untuk merespon keadaan di jalan yang dapat berakibat fatal sehingga menimbulkan kecelakaan. Kehilangan daya refleks juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kecelakaan.

"Mereka yang sedang sakit harusnya tinggal di rumah dan beristirahat yang cukup. Selain itu, hal ini juga menghindarkan orang lain untuk tertular dari penyakit," ujar dr Christopher Ohl, profesor ilmu medis dari Wake Forest Univerity yang dikutip dari BBC.



Selain itu, mengonsumsi obat saat berkendara bisa membuat pengemudi menjadi mengantuk atau mengalami efek samping yang lainnya. Jika penyakitnya sangat parah dan memerlukan berbagai macam obat untuk memulihkannya, taruh kembali kunci kendaraanmu.

Jadi ketika sedang sakit, ada baiknya untuk menggunakan transportasi umum atau meminta tolong kepada kerabat untuk mengantarmu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak memaksakan diri serta istirahat yang cukup agar bisa kembali mengemudi tanpa membahayakan diri sendiri dan orang lain.




Saksikan juga video 'Wanita Ini Mendadak Pingsan Saat Dengar Suara Keras':


(up/up)
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya