Sabtu, 22 Sep 2018 11:04 WIB

Kelingking Wanita Ini Bengkak, Ternyata Tanda Infeksi Tuberkulosis

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto penampakan jari kelingking yang bengkak dan hasil dari pengamatan jaringan lunak. Foto: The New England Journal of Medicine Foto penampakan jari kelingking yang bengkak dan hasil dari pengamatan jaringan lunak. Foto: The New England Journal of Medicine
Jakarta - Wanita berusia 42 tahun ini mengalami jari bengkak, ternyata hal tersebut merupakan tanda infeksi tuberkulosis yang jarang terjadi. Kasus ini dijelaskan dalam 'The New England Journal of Medicine' tahun 2018 oleh Jennifer Mandal, MD, and Mary Margaretten, MD, dari University of California, San Francisco.

Dalam x-ray dan juga CT scan yang dilakukan, bengkak itu ada pada jaringan lunak di jarinya, tapi tidak ada masalah pada tulang-tulangnya.

Ketika dokter melakukan biopsi pada jaringan lunak wanita itu, mereka menemukan Mycobacterium tuberculosis, bakteri yang jadi pencetus tuberkulosis. Berdasarkan laporan, wanita tersebut mengalami lupus dan sedang dalam masa pengobatan untuk menekan sistem imun, yang membuat ia menjadi lebih rentan pada penyakit infeksi termasuk tuberkulosis.


"Ini adalah manifestasi luar paru yang langka dari tuberkulosis," tulis para penulis dalam laporan itu. Namun, mereka menambahkan diagnosis ini penting untuk dipertimbangkan pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Bakteri tuberkulosis tersebar di udara dan biasanya mempengaruhi paru-paru. Tetapi bakteri itu berpotensi menginfeksi bagian tubuh manapun, termasuk ginjal, tulang belakang dan otak, menurut Mayo Clinic.

Wanita itu diobati dengan beberapa obat anti-tuberkulosis selama sembilan bulan, dan gejala itu hilang sepenuhnya. Demikian dilansir live Science.

(ask/up)
News Feed