Sabtu, 22 Sep 2018 17:57 WIB

Cukur Rambut Hidung, Resep Tampil Sehat dan Nggak Bikin Ilfeel

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi hidung. Foto: Thinkstock Ilustrasi hidung. Foto: Thinkstock
Jakarta - Laki-laki dan perempuan umumnya tak percaya diri jika rambut hidung terlihat gondrong. Rambut yang tampak keluar dari rongga hidung langsung menimbulkan kesan jorok, tak terawat, dan bikin ilfeel (ilang feeling).

Rambut hidung sebetulnya bisa dicukur supaya tak meruntuhkan rasa percaya diri. Laki-laki dan perempuan cukup berdiri atau duduk di depan cermin sambil memegang ujung hidung. Selanjutnya hidung dimiringkan ke kiri dan kanan, sambil memperhatikan rambut yang mulai terlihat mengganggu. "Rambut yang keluar rongga hidung sebaiknya dicukur dengan gunting khusus, supaya hasilnya lebih baik," kata konsultan image dan perawatan Hollywood Craig Whitely.

Dilansir dari Healthline, rambut hidung bisa dicukur namun jangan dicabut atau dihilangkan dengan teknologi laser. Rambut adalah bagian dari tubuh yang berfungsi sebagai sistem pertahanan. Rambut hidung mencegah debu dan materi penyebab polusi masuk ke dalam tubuh, serta menjaga kelembaban dalam rongga hidung. Pertumbuhan rambut hidung dipengaruhi kondisi pembuluh darah, di salah satu organ dalam sistem pernapasan tersebut.


Setelah mencukur rambut jangan lupa membersihkan rongga hidung. Hal ini bisa dilakukan dengan menghembuskan napas yang cukup kuat dari rongga hidung. Healthline menyarankan tidak membilas rongga hidung, karena air yang digunakan bisa masuk ke dalam sistem pernapasan. Saat mencukur sebaiknya pilih rambut yang benar-benar terlihat mengganggu, atau tampak terlalu tebal.

Rambut hidung bisa dicukur setiap saat bila penampilan sudah tidak enak dilihat. Saat mencukur, sebaiknya jangan gunakan alat potong otomatis untuk mencegah rambut menjadi terlalu pendek.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed