Selasa, 25 Sep 2018 06:58 WIB

Heboh Tabung Oksigen Zaskia Gotik Tak Bergelembung, Harusnya Gimana Sih?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Zaskia Gotik kembali bikin heboh, kali ini terkait tabung oksigen yang tidak bergelembung (Foto: Ismail/detikHOT) Zaskia Gotik kembali bikin heboh, kali ini terkait tabung oksigen yang tidak bergelembung (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta - Sedang menyanyikan 'Lagi Syantik' di Karawang pada Sabtu (22/9/2018), Zaskia Gotik pingsan. Disebut oleh sang asisten, Zaskia mengalami kelelahan karena padatnya jadwal promo yang tengah dilakukannya.

Setelah pingsan, Neng Gotik, sapaan akrabnya, dibawa ke dalam ambulans. Video kejadian itu tersebar di media sosial. Ternyata beberapa netizen menyoroti kejanggalan yang ada di ambulans dalam video tersebut.

Netizen menyebut bahwa tabung oksigen yang berisi air di ambulans tersebut tidak ada gelembung-gelembungnya, sementara Zaskia mengenakan selang oksigen di hidungnya.

"Maaf... Itu tabung oksigen nya dipakai gak. Krn kalau dipakai pasti tabung kecil diatas itu airnya pasti bergolak. Tp itu khoq gak ya??? Maaf lho ya... Kalau saya salah," tulis salah satu netizen di kolom komentar akun gosip.

"Kasihan aahh hidung nya di pasang selang tapi kaga nyala oksigen nya. berasa banget itu bauu apek nya. tapi gpp lah yaa demi film nya," tulis akun yang lain.



Sementara itu, ada banyak netizen yang mendoakan untuk kesehatan Zaskia, ada pula netizen yang tetap berpikir positif terhadap tabung oksigen di dalam ambulans tersebut.

"Yg tanya tabung Oksigenya gak gelembung2,cb deh diperhatiin Tabungnya pas disamping gotik gelembung2 koq... Jgn salfok sm yg digantung didinding Ambulance yaa," tulisnya.

Apakah air di dalam tabung oksigen harus bergelembung saat digunakan pasien? Menurut perawat dari salah satu fasilitas kesehatan di Jakarta, Diana, pada saat oksigen digunakan, otomatis tabung berisi air yang disebut tabung humidifier itu akan bergelembung.

"Tabung oksigen yang biasa dipakai untuk pasien biasanya dilengkapi dengan tabung humidifier yang berfungsi juga untuk mengatur/memberikan kelembaban oksigen yang dihirup. Media untuk melembabkan biasanya menggunakan air yang di mana akan bergelembung jika oksigen tersebut digunakan terkecuali jika terjadi kebocoran atau hal yang lain bisa saja air tersebut tidak bergelembung, bahkan transfer oksigennya pun bakalan nggak bagus atau nggak terhirup sama sekali. Sekalipun tipe oksigen dinding, pasti tetap bergelembung kalau di tabung humidifier-nya berisi air," jelasnya.

Namun perlu diketahui, guncangan di dalam kendaraan seperti ambulans bisa saja membuat gelembung dalam tabung humidifier tersebut tidak terlihat.





Saksikan juga video 'Treepex, Alat Ajaib Pengubah Karbon Dioksida Jadi Oksigen':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed