Selasa, 25 Sep 2018 13:40 WIB

Perempuan Penerobos Konvoi Jokowi Positif Benzodiazepine, Obat Apa Sih?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Penerobos konvoi Jokowi positif benzodiazepine. Foto: Penerobos konvoi Jokowi Penerobos konvoi Jokowi positif benzodiazepine. Foto: Penerobos konvoi Jokowi
Jakarta - Senin pagi (24/9/2018), terjadi sebuah insiden di mana seorang perempuan menerobos konvoi Presiden Jokowi mulai dari Tol Cimanggis. Perempuan ini sempat dipinggirkan sebelum akhirnya menerobos kembali. Setelah dilakukan tes urine terhadap perempuan insial ADL, polisi mengemukan urine perempuan itu positif mengandung benzodiazepine.

Soal Benzodiazepin, sebelumnya detikHealth pernah berbincang dengan dr Tribowo T Ginting, SpKJ (K), dari RSUP Persahabatan Jakarta. Ia menjelaskan bahwa penggunaan benzodiazepin sendiri umumnya digunakan untuk pasien yang terdiagnosis salah satunya gangguan kecemasan. Akan tetapi biasanya akan dilihat lebih lanjut mengenai perlu atau tidaknya pemberian zat tersebut.

"Pemberian benzodiazepin harus sesuai indikasi. Artinya pasien harus diwawancara, diperiksa, dan dieksplorasi mengenai keluhan dan gejalanya," jelasnya.

Benzodiazepine merupakan jenis obat penenang. Obat ini lazim digunakan oleh pasien gangguan kejiwaan yang mengalami gangguan kecemasan, gangguan panik, kejang-kejang dan insomnia.


Efek penggunaannya akan mengakibatkan timbulnya rasa nyaman dan beberapa memiliki efek mengantuk. Bila digunakan dalam dosis yang tepat, obat ini sebenarnya tidak akan memberikan efek halusinasi pada penggunanya.

Tapi jika orang yang menggunakannya sudah mengalami ketergantungan, wasapda karena ini bisa mengarah pada timbul efek kecemasan kembali, iritabilitas, insomnia, dan lainnya.

Efek terparah dari penyalahgunaan zat ini adalah delirium, atau keadaan di mana penggunanya mengalami penurunan kemampuan dalam memusatkan perhatiannya, linglung, mengalami disorientasi dan tidak mampu berpikir secara jernih. Selain itu, mungkin saja muncul depresi pernapasan bila dipakai secara berlebihan yang tentunya akan mengancam keselamatan jiwa orang yang menyalahgunakan zat benzodiazepine.




Saksikan juga video 'Sukses dan Terkenal, Artis-artis Ini Ternyata Derita Gangguan Kecemasan':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed