Selasa, 25 Sep 2018 15:58 WIB

Mengapa Penglihatan Kita Tidak Pernah Gelap Saat Berkedip?

Firdaus Anwar - detikHealth
Otak punya caranya sendiri yang membuat kita bisa mengabaikan kedipan. (Foto: thinkstock) Otak punya caranya sendiri yang membuat kita bisa mengabaikan kedipan. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Orang dewasa rata-rata berkedip 15 kali setiap menit, namun demikian kita jarang menyadarinya karena penglihatan tidak pernah terganggu. Setiap kali berkedip penglihatan tampak baik-baik saja tidak menjadi gelap seperti saat kita memejamkan mata.

Apa rahasia dibalik hal tersebut? Menurut studi terbaru dalam jurnal Current Biology alasannya karena otak bagian prefrontal cortex mengisi jeda memori kosong saat kita berkedip.



Pemimpin studi Caspar Schwiedrzik dari University Medical Center Gottingen menemukan bahwa prefrontal cortex aktif saat berkedip. Lewat implan elektroda yang ditanam ke enam orang dengan epilepsi diketahui bahwa otak mengisi jeda dalam tiap kedipan dengan apa yang disebut memori perseptual.

Memori perseptual adalah ingatan dari informasi visual sebelumnya dan ini yang dijadikan otak sebagai jembatan untuk mengisi kekosongan memori. Saat seseorang berkedip, apapun yang ia sedang lihat akan disimpan oleh otak lalu secara visual dihubungkan kembali setelah mata terbuka.

Hal itu menjelaskan mengapa seolah-olah kita jadi tidak pernah melihat ada momen gelap tiap berkedip.

"Riset kami menemukan bahwa prefrontal cortex mengkalibrasi informasi visual dari yang sudah didapatkan sebelumnya sehingga kita jadi bisa melihat dunia dengan lebih stabil bahkan saat berkedip," tulis peneliti dalam siaran persnya seperti dikutip pada Selasa (25/9/2018).

(fds/up)