Rabu, 26 Sep 2018 10:02 WIB

Bill Cosby Terbukti Lakukan Pelecehan Seks, Inikah Kemungkinan Penyebabnya?

Christantio Utama - detikHealth
Bill Cosby bersalah atas kasus pelecehan seksual. Foto: (Photo by Mark Makela/Getty Images) Bill Cosby bersalah atas kasus pelecehan seksual. Foto: (Photo by Mark Makela/Getty Images)
Jakarta - Dunia hiburan internasional kembali digemparkan oleh keputusan pengadilan yang diberikan kepada Bill Cosby. Aktor sekaligus komedian kelahiran Philadephia, Amerika Serikat ini harus menjalani konseling seumur hidup. Ia juga akan dipenjara sekurang-kurangnya 3 tahun, dan bahkan bisa sampai 10 tahun sesuai tuntutan jaksa.

Semenjak tahun 2004 perjalanan karir Bill Cosby mulai diterpa dengan isu pelecehan seksual seiring berjalannya proses hukum kasus tersebut. Setelah hampir 14 tahun berjalan, barulah hakim mengetuk palu dan menyatakan bahwa Bill terbukti melakukan pelecehan seksual.



Dikutip dari MedIndia, para peneliti menyebutkan beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang laki-laki melakukan tindakan pelecehan seksual adalah perbedaan kepribadian antara kedua orang, stereotipe tertentu terhadap kaum perempuan dan pengalaman pernah menjadi korban pelecehan seksual yang dapat memicu seseorang melakukan hal tersebut kepada orang lain.

Dalam sebuah studi yang dilakukan terhadap laki-laki single mengungkapkan bahwa 43 persen diantara mereka pernah menekan atau memaksa seorang perempuan untuk melakukan kegiatan seksual bersama dirinya paling tidak satu kali.

Perilaku tersebut terjadi pada usia yang berbagai macam mulai dari remaja hingga dewasa yang membentuk perilaku tersebut.

"Kami mencoba memahami, beberapa diantaranya ada yang merasa menyesal atau belajar untuk tidak berperilaku dengan cara seperti itu," ujar Antonia Abbey, psikolog dari Wayne State University di Detroit, Amerika Serikat.

Salah satu fakta unik lainnya yang ditemukan pada penelitian tersebut adalah laki-laki sering menyalahartikan sinyal yang diberikan oleh perempuan. Mereka mengartikan sinyal tersebut sebagai tanda bahwa wanita ingin melakukan seks dengannya, padahal belum tentu.



Saksikan juga video 'Langkah-langkah Mencegah Pelecehan Seksual Pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]

(Christantio Utama/up)
News Feed