Kamis, 27 Sep 2018 11:02 WIB

Teknik Kreatif Untuk Menemukan Anak Autis yang Hilang

Christantio Utama - detikHealth
Ilustrasi penyakit autisme. Foto: Thinkstock
Jakarta - Anak dengan kebutuhan khusus seperti autis memang memerlukan lebih banyak usaha dalam merawatnya. Umumnya anak autis memiliki perilaku yang aktif dan cenderung tidak bisa ditebak.

Dikutip dari CNN, seperti yang terjadi pada seorang anak berumur 6 tahun di Carolina Utara, Amerika Serikat, bernama Maddox Scott Ritch yang hilang ketika pergi bersama orang tuanya.



Guna menemukan anaknya yang hilang, kedua orang tuanya memanfaatkan tiruan suara tokoh karton kesukaan Maddox, lagu favorit serta suaranya masing-masing.

"Banyak dari anak-anak yang mengidap Autis akan merespon kepada karakter favorit, hal unik, atau suara yang sudah familiar," ucap Lori McIlwain salah satu pendiri National Autism Association.

Maddox terkena penyakit autis yang biasanya terjadi pada anak berumur kurang dari 3. Menurut National Autism Association, autis memengaruhi 1 dari 59 anak di Amerika Serikat. Lebih dari setengah pengidap autis tersebut juga mengalami keterbatasan intelektual.

Sebelum kejadian ini, teknik serupa pernah dilakukan kepada anak autis yang hilang pada tahun 2012 menggunakan suara karakter Elmo dan berhasil. Serta pada tahun 2013 anak berumur 14 tahun yang mengidap autis berhasil ditemukan dengan memanfaatkan suara ibunya.

Sampai saat ini proses pencarian masih terus dilakukan untuk menemukan Maddox Scott Ritch oleh kepolisian setempat.





Tonton juga 'Petunjuk Sederhana Ciri Anak Austistik di Usia 18 Bulan':

[Gambas:Video 20detik]

(Christantio Utama/up)