Kamis, 27 Sep 2018 12:30 WIB

Bisakah Biji di Perut Jenazah Tumbuh Jadi Pohon?

Firdaus Anwar - detikHealth
Bisa bayangkan kalau pohon besar di lingkungan mu di bawahnya tersembunyi jenazah manusia? (Foto ilustrasi: Arif Syaefudin)
Jakarta - Di internet beredar cerita bagaimana korban kasus pembunuhan ditemukan setelah biji tin yang ada di perutnya tumbuh menjadi pohon 40 tahun kemudian. Meski kebeneran cerita tersebut dipertanyakan, namun kejadian pohon tumbuh dari jenazah manusia menurut ahli bisa saja terjadi.

Ahli tanah Profesor Jay Noller dari Oregon State University mengatakan pada dasarnya beberapa tumbuhan memang mengandalkan mahluk hidup lain untuk menyebarkan bijinya. Ketika buah dimakan dan biji keluar dari feses, saat itu ia punya kesempatan tumbuh jadi pohon.



"Kecambah bisa keluar dari hewan, jadi saya bisa membayangkan hal yang sama juga terjadi pada manusia," kata Jay seperti dikutip dari Live Science, Kamis (28/9/2018).

Menurut Jay biji juga tidak harus berada di dalam jenazah untuk tumbuh, bahkan berada di saku juga sudah cukup. Ketika jenazah membusuk jaringan mikroskopik dan jamur yang ada akan mengurai protein menjadi nutrisi untuk tumbuhan.

Sebagai contoh pada tahun 2015 lalu peneliti menemukan jenazah remaja dari jaman pertengahan ketika pohon beech berusia 215 tahun di Irlandia tumbang setelah terkena badai. Kerangkanya ditemukan masih terlilit oleh akar pohon.

Waduh, jadi ingat mitos jaman dulu yang bilang kalau makan biji buah nanti bisa tumbuh di atas kepala.





Tonton juga 'Bikin Heboh! 3 Jasad Sekeluarga di Ciamis Masih Utuh Saat Digali':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)