Kamis, 27 Sep 2018 13:06 WIB

Pria di Serang Tewas Saat Dengarkan Musik, Bahayakah Pakai Earphone?

Christantio Utama - detikHealth
Seorang pria meninggal saat mendengarkan musik lewat earphone dari ponsel yang sedang di-charge (Foto: Internet) Seorang pria meninggal saat mendengarkan musik lewat earphone dari ponsel yang sedang di-charge (Foto: Internet)
Jakarta - Seorang pegawai rumah makan di Cikande, Serang, ditemukan tewas saat tidur sambil mendengarkan musik dengan earphone. Benarkan pemakaian earphone dampaknya bisa sefatal itu?

Pria tersebut dikabarkan meninggal dengan kondisi mulut, telinga, dan hidung mengeluarkan darah. Menurut informasi, ia tidur sambil mendengarkan musik dengan earphone, dari ponsel yang sedang di-charge baterainya.

Dihubungi detikHealth, dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, dr Fikry Hamdan Yasin, Sp.THT-KL(K) menjelaskan bahwa perdarahan di telinga bisa saja disebabkan oleh faktor lain.

"Kemungkinan itu terjadi karena faktor lain seperti pecahnya pembuluh darah di sekitar otak," katanya, Kamis (27/9/2018).



Perdarahan yang terjadi, menurut dr Fikry kemungkinan tidak disebabkan oleh penggunaan earphone. Sedangkan terkait pengaruh radiasi ponsel, dr Fikry enggan menjelaskan lebih lanjut karena bukan bidangnya.

(up/up)