Kamis, 27 Sep 2018 18:56 WIB

PMI DKI Distribusikan 1.000 Kantong Darah Perhari, Terbanyak untuk Operasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Donor darah yang dilakukan secara rutin akan memberi manfaat bagi kesehatan. Selain untuk kesehatan, banyak juga masyarakat yang mendonorkan darahnya untuk hal kemanusiaan. Tapi, pernah ga sih kalian bertanya-tanya kira-kira pasien penyakit apa aja yang membutuhkan donor darah?

Menurut Kepala UTD PMI Provinsi DKI Jakarta, dr. Salimar Salim, persentasi transfusi darah terbanyak dilakukan pada kasus operasi penyakit dalam yakni sekitar 41 persen. Dilanjutkan dengan pemberian pada pendarahan pasca persalinan sebanyak 22 persen, bedah 19 persen, talasemia 13 persen, dan lainnya sebanyak 5 persen.

"Kebutuhan darah yang harus didistribusikan mencapai kurang lebih 1000 kantong per hari. Oleh karena itu, baik dari sumber,proses pengolahan dan pemberiannya harus terjamin dengan baik," ujarnya.



Karena banyaknya jumlah darah yang harus diberikan, dr. Salimar menambahkan perlunya upaya pencegahan penyakit yang ditularkan melalui transfusi darah. Salah satu langkah preventif yakni dengan alat uji saring Nucleid Acid Test yang mampu mendeteksi virus secara signifikan.

"Darah itu salah satu obat yang esensial. Produk darah seperti sel darah merah, trombosit, plasma, dan yang lainnya harus terverifikasi. Kalau ada darah yang tercemar, langsung dibuang," tutupnya.



(up/up)