Jumat, 28 Sep 2018 11:11 WIB

Hati-hati, Makanan Berminyak Bisa Bikin Sakit Tenggorokan

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Makanan yang digoreng seperti ayam hingga bebek atau aneka camilan seperti tempe dan pisang goreng sering menjadi menu sehari-hari banyak orang.
Di balik rasa yang nikmat, faktanya makanan berminyak bisa mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Salah satunya adalah menyebabkan sakit tenggorokan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Misalnya penggunaan minyak goreng yang berulang membuat lemak jenuh meningkat sehingga tenggorokan menjadi sakit. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh bahan makanan yang digoreng telah mengandung lemak tinggi.



Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengungkapkan makanan berminyak memerlukan waktu cerna yang lebih lama dibanding makanan rebus sehingga dapat mengganggu proses pencernaan makanan.

Secara tidak langsung, hal tersebut turut mempengaruhi produksi sel pertahan tubuh sehingga penyembuhan sakit tenggorokan menjadi lambat.

"Kontur makanan yang digoreng biasanya keras sehingga saat bersentuhan dengan mukosa tenggorokan akan memperparah iritasi yang sudah ada pada radang tenggorokan," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Senin (17/9/2018).



dr. Helmin juga berpesan secara umum makanan berminyak memang harus dihindari mengingat efeknya terhadap kesehatan tidak baik, termasuk saat mengalami radang tenggorokan.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan berminyak agar tubuh tetap fit. Jika sakit tenggorokan mulai menyerang, atasi dengan permen Woods' Lozenges. Permen ini dibuat dari bahan alami, halal, dan mampu memberikan sensasi melegakan tenggorokan serta sensasi menyegarkan pernapasan. (mul/ega)
News Feed