Minggu, 30 Sep 2018 15:23 WIB

Ini yang Mungkin Dialami Tubuh Saat Terjebak Reruntuhan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Tim SAR melakukan evakuasi korban gempa yang tertimbun reruntuhan bangunan hotel Roa-Roa di Palu, Minggu (30/9). Diperkirakan sebanyak 50 orang tertimbun di reruntuhan bangunan hotel itu. ANTARA FOTO/BNPB/pras/
Jakarta - Diperkirakan ada 50-60 orang terjebak reruntuhan Hotel Roa Roa usai gempa mengguncang Palu, Sulawesi Tengah. Berbagai kondisi yang dialami korban ikut mempengaruhi peluang bertahan hidup sembari menunggu evakuasi.

Hingga saat ini, tercatat 405 orang meninggal dan 540 orang mengalami luka-luka akibat gempa di Palu. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga menyebut lebih dari 16 ribu warga di Palu ini tinggal di pengungsian. Jumlah tersebut belum termasuk warga di Donggala dan Sigi, yang juga terdampak gempa.



Evakuasi korban yang masih terjebak di reruntuhan menjadi salah satu prioritas utama. Petugas harus berkejaran dengan waktu untuk menjaga peluang bertahan hidup para korban.



Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini berbagai kondisi yang mempengaruhi peluang survival saat terjebak di dalam reruntuhan. (up/up)