Rabu, 03 Okt 2018 14:40 WIB

Saran Ahli Biar Nggak Gampang Ngantuk Sehabis Makan Siang

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Cara cegah mengantuk usai makan siang. Foto: thinkstock Cara cegah mengantuk usai makan siang. Foto: thinkstock
Jakarta - Nggak cuman sarapan, makan siang juga sangat penting khususnya bagi karyawan perkantoran agar produktifitas tetap terjaga. Ketua Umum ANOKI (Asosiasi Nutrisionis dan Kebugaran Indonesia), Mury Kuswari, SPd, MSi menuturkan bahwa asupan nutrisi yang baik pada jam makan siang dapat meningkatkan kinerja dan semangat tetap terjaga.

"Biar nggak ngantuk, makan siang tetap jangan berlebihan ya khusunya untuk karbohidrat seperti nasi. Simpelnya, satu orang itu porsi nasi seperti satu kepalan tangan," ujarnya saat ditemui pada Launching Nestle Milo di Fairmont Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Kebanyakan mengonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang menyebabkan rasa kantuk. Lauk pauk yang sederhana seperti telur atau ayam bisa ditambahkan sebagai asupan protein.


Mury juga menyarankan untuk mengurangi camilan seperti gorengan saat jam makan siang dan lebih banyak memakan sayuran serta buah-buahan pada siang hari agar dapat mengontrol jumlah kalori sehingga tubuh tidak mengalami kegemukan

"Gorengan itu kalorinya banyak ya sekitar 100, makan tiga sudah tiga ratus. Kalori tiga gorengan setara lho sama dua piring nasi. Jadinya nggak bikin kenyang," tutupnya.

(ask/ask)