Kamis, 04 Okt 2018 12:57 WIB

Gaya Hidup Zaman Now Ternyata Bisa Picu Mag Kambuh

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Makin beragamnya kuliner yang ada membuat banyak orang gemar jajan. Mulai dari es kopi susu hingga makanan dengan rasa pedas, seperti ayam geprek dan makaroni.

Rasanya memang nikmat dan membuat ketagihan, tapi ada bahaya yang mengintai jika dikonsumsi berlebihan. Salah satunya adalah memperparah sakit mag.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan gaya hidup zaman now memiliki resiko terhadap semua aspek kehidupan termasuk kesehatan lambung.

Kebiasaan minum kopi sebelum makan, minum kopi kebanyakan, serta mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan makanan pedas sudah terbukti berperan dalam kekambuhan sakit mag.


"Sakit maag akibat kopi dan makanan pedas terjadi akibat sensitifnya lambung terhadap kedua jenis makanan tersebut. Bagi orang seperti ini, mengonsumsi kopi dan makanan pedas sedikit saja akan mencetuskan sakit maag. Beruntungnya, tidak semua orang sensitif terhadap kopi dan makanan pedas, namun jumlah yang berlebihan akan menjadi pencetus pada orang yang lambungnya tidak sensitif," ujar dr. Helmin kepada detikHealth (28/9/2018).

Selain faktor sensitivitas tersebut, mag bisa kambuh karena efek kafein pada kopi dan capcaisin pada makanan pedas memicu produksi asam lambung berlebihan. Akibatnya, timbul gejala sakit maag.

Jika gejala mag muncul, dr. Helmin menyarankan untuk menetralisir asam lambung dengan minum air putih dan konsumsi makanan yang tidak merangsang asam lambung. Untuk penanganan yang lebih cepat, konsumsi obat penetralisir asam lambun seperti Promag yang mengandung formula hydrotalcite sehingga bisa bekerja cepat dan melindungi lambung lebih lama.

(idr/up)