Minggu, 07 Okt 2018 17:06 WIB

Yuk, Redakan Stres dengan Caranya Lay EXO

Rosmha Widiyani - detikHealth
Foto: Lay EXO (dok. SM Entertainment) Foto: Lay 'EXO' (dok. SM Entertainment)
Jakarta - Lay EXO yang kini berulang tahun ke-27 dikenal senang mengambil foto bertema pemandangan alam. Foto pantai, langit, padang rumput, dan pemandangan senja tersebut kerap diunggah dalam akun media sosialnya.

Dikutip dari Science Alert, foto bertema pemandangan alam ternyata dapat menurunkan kadar stres. Hal ini diketahui dari riset yang dilaksanakan Vrije University Medical Centre, Belanda. Riset dengan 46 responden ini dipublikasikan dalam Journal of Environmental Research and Public Health.

Dalam riset ini, responden mengerjakan soal hitungan yang bisa selesai dengan aktivitas otak normal dan stres. Selama mengerjakan soal, tubuh responden ditempel sensor untuk mengetahui detak jantung dan tingkat stres saat mengerjakan soal. Setelah selesai, responden melihat seri gambar bertema alam dan gedung polos tanpa tanaman.



Hasil riset membuktikan tingkat stres dan tekanan darah turun setelah melihat gambar bertema alam. Gambar tersebut merangsang sistem saraf parasimpatetik yang berperan dalam fungsi istirahat. Dengan hasil ini, riset menyarankan untuk menyimpan gambar bertema pemandangan alam di meja kerja.

Riset ini juga membuktikan keinginan meredakan stres di alam bebas dapat ditunda, dengan lebih dulu melihat gambarnya. Tentunya penundaan meredakan stres jangan terlalu lama. Pemandangan alam dapat membantu relaksasi dan meredakan stres kronis serta akut.

(up/up)