Senin, 08 Okt 2018 19:30 WIB

Bahu Lepas atau Dislokasi Bahu, Apa Maksudnya? Dokter Ortopedi Menjawabnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Deddy Corbuzier berulang kali mengalami dislokasi bahu (Foto: Noel/detikHOT) Deddy Corbuzier berulang kali mengalami dislokasi bahu (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta - Deddy Corbuzier baru-baru ini mengaku mengalami tulang bahu yang lepas dari bonggolnya. Ini terjadi usai cedera latihan di gym dan bela diri. Yang nekatnya lagi, Deddy memutuskan untuk tidak dianestesi atau dibius dan rela menahan sakit.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud bahu lepas? Dr Ghuna A Utoyo SpOT dari Divisi Sport Injury, Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, RSUP Hasan Sadikin Bandung, menerangkan bahu lepas yang dimaksudkan bukan bahunya lepas begitu saja, namun bentuk dari tulang yang lepas dari engselnya.

"Ya bukan lepas seperti amputasi, tapi lepas dalamnya atau sendi (engsel)-nya," ungkapnya.



"Sendi itu adalah pertemuan dua tulang, dan sendi itu bergerak ibarat engsel. Nah dislokasi berarti kedua tulang itu tidak bertemu membentuk engsel, jadi tidak bisa bergerak," tambahnya.

Sebelumnya Deddy Corbuzier membagikan kisahnya di akun Intagramnya bahwa ia mengalami dislokasi dan sebenarnya sudah lebih dari 10 kali. Hanya saja kali ini tulangnya terkunci di belikat. Hmm sudah jelas kan yang dimaksud dengan bahu lepas?

(ask/up)
News Feed