Selasa, 09 Okt 2018 16:25 WIB

Konsumsi Alkohol pada Remaja Usia Sekolah Meningkat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Botol-botol minuman keras ilegal dimusnahkan (Foto: Agung Pambudhy) Botol-botol minuman keras ilegal dimusnahkan (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017 mengungkapkan umur mulai minum alkohol terutama pada usia 15-19 tahun pada pria sebesar 70 persen dan wanita 58 persen. Sementara pada usia 20-24 tahun, pria yang mengonsumsi alkohol sebanyak 18 persen dan wanita 8 persen.

"Perlu adanya edukasi dari hulu yakni keluarga khususnya orang tua yang memberikan pengawasan pada anak. Lingkungan dari remaja juga perlu mendapat perhatian khusus," ujar Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Batlitbangkes) dari Kementerian Kesehatan, Tin Afifah, SKM, MKM pada Selasa (9/10/2018).



Hal ini memunculkan pertanyaan sebab alkohol tidak dijual secara bebas di pasaran. Tin mengatakan Kementerian Kesehatan akan terus melakukan evaluasi lebih lanjut mengenai masalah tersebut.

"Kementerian Kesehatan akan melakukan evaluasi karena kebiasaan itu akan berpengaruh dalam jangka panjang. Pada anak juga kita akan berikan pemahaman dan konseling," tambahnya.

Lebih lanjut, Tin mengungkapkan bahwa alasan remaja menerapkan perilaku menyimpang adalah rasa penasaran dan ingin tahu yang berlebihan. Oleh karena itu, perlunya penggunaan media informasi seperti internet yang bijak sehingga perilaku lain yang akan berujung pada kenakalan remaja bisa dihindari.

(up/up)
News Feed