Rabu, 10 Okt 2018 12:31 WIB

Waspadai Gejala Kanker Paru Seperti Diidap Istri Indro 'Warkop'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Indra bersama Nita saat menjalani perawatan di rumah sakit. Foto: Instagram Indra bersama Nita saat menjalani perawatan di rumah sakit. Foto: Instagram
Jakarta - Nita Octobijanthy, istri Indro 'Warkop' meninggal dunia pada Selasa (9/10/2018) lalu akibat penyakit kanker paru yang lama diidapnya. Sang istri tutup usia pada 59 tahun dan terlihat sudah beberapa waktu belakangan ini sang istri dirawat dan menjalani proses pengobatan di rumah sakit.

"Iya benar. Betul (meninggal dunia), jam 20.20," ujar Indro, dikutip dari detikHOT.

Pada pria, kanker paru menjadi penyebab kematian tertinggi akibat kanker. Data GLOBOCAN 2018 menunjukkan 22.440 kasus baru terjadi di Indonesia. Sementara dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker paru disebut sebagai kanker yang paling mematikan di dunia, dengan 1,8 juta kematian pada tahun 2018.


Kanker paru umumnya tak menunjukkan gejala apapun saat stadium awal, menurut yang dilaporkan situs WebMD. Biasanya, semakin lanjut gejala dari penyakit ini akan muncul, seperti:

- Batuk kronis atau serak, terkadang dengan dahak berdarah
- Perubahan pada batuk yang dialami cukup lama
- Infeksi pernapasan yang kerap kali kambuh, termasuk bronchitis dan pneumonia
- Napas menjadi pendek-pendek atau tersengal-sengal
- Mengi atau napas jadi berbunyi menciut-ciut
- Nyeri dada yang tak kunjung hilang
- Suara serak
- Bengkak di leher dan wajah
- Nyeri dan rasa lemas di bahu, lengan, atau tangan
- Lemah, lesu, bobot turun, hilang nafsu makan, demam yang hilang dan muncul, sakit kepala parah dan nyeri di sekujur tubuh
- Kesulitan menelan

Gejala-gejala ini biasanya terjadi akibat saluran pernapasan yang tersumbat atau karena kanker telah menyebar jauh ke dalam atau sekitar paru-paru, ataupun bagian lain dari tubuh. Segera periksakan kepada dokter apabila mengalami gejala-gejala seperti di atas.






Tonton juga 'Indro 'Warkop' Masih Terguncang Ditinggal Sang Istri':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)