Rabu, 10 Okt 2018 18:23 WIB

Tanya Jawab soal Sariawan, Cek Pertanyaan Kamu di Sini!

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa waktu lalu detikHealth membuka tanya jawab untuk Healthy Friends seputar kesehatan mulut. Dari antusiasme yang ada, detikHealth telah menyaring beberapa pertanyaan menarik untuk ditanyakan langsung ke ahlinya.

Yap, Dr drg Febrina Rahmayanti, SpPM(K), Ketua Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, yang akan menjawab semua pertanyaan terkait sariawan.


Tanya (T): Rajin makan buah, kenapa gampang sariawan? (kardi84-detikconnect)

Jawab (J): Sariawan penyakit mulut yang sering dikeluhkan saat datang ke dokter gigi. Tapi apakah itu benar sariawan yang dikenal lazim alias Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR) yang hilang timbul, dan tempatnya berpindah-pindah, serta berbentuk berupa kawah?

"Sering kali datang pasien kita cek dulu, infeksi jamur apa bakteri pun kadang dikatakan sariawan. Biasanya sariawan dapat sembuh 7-14 hari, tergantung faktor," jelas drg Febrina.

Jadi perlu tahu nih, sariawan ada yang memang karena faktor genetik. Ketika bapak atau ibu mudah sariawan biasanya kita akan lebih mudah sariawan juga. Trauma dari gigi, diet atau ntrisi yang kurang baik (defisiensi zat besi, asam folat, dan vitamin B12 misalnya), juga memicu hal ini.

"kalau perempuan, faktor hormonal, ada yang menjelang menstruasi mengalami sariawan. Ibu-ibu masuk masa menopause juga ada keluhannya. Itu yang harus dipilah-pilih, belum tentu sering makan buah dan sayur bebas sariawan, dilihat dulu mana faktor yang mempengaruhi."

(T) Gusi sering bengkak dan sering sariawan, padahal rajin sikat gigi. Apakah ada pengaruh dari makanan/minuman yang dikonsumsi? (@Nanda_MY3)

(J) Gusi bengkak itu indikasi suatu peroses peradangan. Peradangan di gusi dipengaruhi oleh oral hygiene (kebersihan mulut), apakah ada plak atau kalkulus di situ, apakah ada pocket (celah pada gusi dan gigi) yang terinfeksi. Hal lainnya yang menjadi penyebab adalah kebiasaan merokok dan sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi atau cairan kumur tertentu.

(T) Sering sariawan saat kelelahan, apakah hal karena ada organ organ tubuh yg lemah sehingga menyebabkan daya tahan menurun? (hartanto boyolali/detikconnect)

(J) Salah satu faktor sariawan adalah kelelahan. Ini disebabkan penurunan sistem kekebalan. Selain itu, rasa lelah karena kurang istirahat biasanya juga mempengaruhi intake (asupan) makanannya. Nutrisi jadi kurang.

(T) Apa sering sariawan tanda penyakit aids? (Ricky Yanuar/detikconnect)

(J) Sebelum sampai ke AIDS, infeksi HIV ini banyak tandanya dalam rongga mulut. Yang paling terlihat yakni terjadinya infeksi jamur di mana jamur yang sebenarnya flora normal tapi karena keadaan sistem kekebalan yang mejurun, Cd4 menurun, 'tentara' tubuh kurang melawan bakteri atau virus, sehingga terjadi banyak kelainan.

Selain itu infeksi bakteri digusi bisa menyebabkan Acute necrotizing ulcerative gingivitis (ANUG).

"Kalau sariawan itu bisa terjadi karena penurunan sistem imun, semua seringkali dibilangnya sariawan tapi ternyata banyak kelainannya." (ask/up)
News Feed