Kamis, 11 Okt 2018 11:06 WIB

Tips untuk Relawan Gempa Palu Saat Kondisi Badan Mulai Menurun

Firdaus Anwar - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Suasana posko relawan gempa di Palu (Foto: Firdaus/detikHealth) Suasana posko relawan gempa di Palu (Foto: Firdaus/detikHealth)
Jakarta - Sudah hampir dua minggu relawan dari berbagai daerah membantu proses evakuasi dan rehabilitasi kota Palu dan sekitarnya yang terdampak gempa bermagnitudo 7,4. Para relawan tersebut bekerja dari pagi hingga malam di tengah lingkungan yang tidak bersahabat agar kota bisa segera bangkit.


Meski masih bersemangat membantu kemanusiaan, tampaknya kondisi kesehatan beberapa relawan mulai menurun. Pemadam Kebakaran dari DKI Jakarta Jumaidi yang bertugas di Palu sejak Rabu (3/10) bercerita bahwa lingkungan yang terik jadi tantangan utama bagi para relawan.

"Kondisi saat ini memang beberapa teman-teman dari Jakarta masih stabil tapi agak sedikit penurunan dari segi pernapasannya. Jadi ada radang tenggorokan yang sudah mulai mengganggu," kata Jumaidi.



Nah bagi beberapa relawan yang masih bertugas atau akan masuk ke daerah Palu sekitarnya Koordinator Tim Medis DKI Jakarta dr Arsanto Triwidodo, SpOT, punya beberapa tips menjaga kesehatan. Berikut penjelasannya: (fds/up)
News Feed