Kamis, 11 Okt 2018 16:43 WIB

Berapa Sih Kisaran Harga Pengobatan Kanker Payudara?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Biaya pengobatan kanker payudara berapa ya? Foto: iStock Biaya pengobatan kanker payudara berapa ya? Foto: iStock
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
Jakarta - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian tertinggi di Indonesia. Setiap individu yang didiagnosa mengidap kanker payudara harus melakukan biopsi terlebih dahulu, untuk mengetahui metode pengobatan apa yang cocok.

Dokter ahli bedah kanker payudara, dr Rachmawati, SpB(K)Onk, mengatakan dengan adanya pilihan pengobatan, jelas biaya yang dikeluarkan pun bervariasi, mulai dari tiga juta hingga ratusan juta rupiah.



"Biayanya bisa sampai ratusan juta. Radiasi 25 kali pertemuan bisa sampai 50 juta untuk sekali perawatan. Kalau kemo menggunakan BPJS dalam 6 kali siklus berkisar 3 jutaan," ujarnya, kepada detikHealth, beberapa waktu lalu.

Tumor tersebut akan diidentifikasi untuk mengetahui kecocokan dengan metode yang seperti apa. Sejauh ini target terapi merupakan salah satu metode pengobatan yang memang merogoh kocek cukup banyak.

"Target terapi ada banyak macamnya, seperti trastuzumab, nah itu bisa sampai ratusan juta, satu kali pengobatan berkisar 25 juta, sedangkan harus 18 kali pengobatan," tutupnya.

Dokter Rachma menambahkan, biaya untuk radioterapi sendiri berkisar 32 juta hingga 47 juta, tergantung dari teknik yang digunakan. Sementara, untuk pengguna BPJS sendiri tidak dipungut biaya.

(frp/up)
Topik Hangat Bulan Kanker Payudara
News Feed