Senin, 15 Okt 2018 13:35 WIB

Inovasi Sehat, Ubah Rumput Laut Jadi Gelas Bisa Dimakan

Wahyu Dian - detikHealth
Gelas yang bisa dimakan ini terbuat dari rumput laut. (Foto: Dok. Evoware) Gelas yang bisa dimakan ini terbuat dari rumput laut. (Foto: Dok. Evoware)
Jakarta - Plastik masih menjadi penyumbang sampah terbesar di negeri ini, khususnya kota yang padat penduduk. Banyak keresahan menyelimuti masyarakat terkait sampah plastik.

Banyak pula hal-hal yang dilakukan masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya yang dilakukan oleh pemuda bernama David Christian, ia membuat gelas dari rumput laut dengan bahan-bahan alami tanpa bahan kimia yang aman untuk dikonsumsi.

Inovasi keren nan sehat tersebut bermula dari keresahannya terhadap sampah plastik yang ada di Jakarta, kemudian ia membuat riset dan memikirkan solusi yang menyenangkan.



"Terutama sampah plastik, itu menimbulkan kontaminasi. Aku bikin riset dan terpikir membuat produk yang bisa kasih solusi dan bisa mengedukasi, tapi dengan cara menyenangkan," dikutip dari detikFinance, Senin (15/10/2018)

Selain itu, menurutnya Indonesia merupakan negara penghasil rumput laut yang melipah, dan inovasi ini bisa membantu petani rumput laut.

"Kita produsen rumput laut terbesar. Tapi kebanyakan diekspor. Lagi pula banyak tengkulak yang biasanya beli Rp 14-16 ribu per kg. Kalau kami bisa bayar Rp 100 ribu per kg," ujarnya, dikutip dari detikFinance

Seorang ahli gizi dr Dian Kusuma Dewi, M.Gizi, menanggapi tentang inovasi tersebut saat ditemui pada sebuah acara peduli kanker payudara di Rumah Sakit di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (13/10/2018)

"Rumput laut memang bagus. Karena tinggi serat, karbohidratnya ada, protein ada sedikit, mineral lain ada tapi tidak banyak. Boleh saja diinovasi kemudian dikonsumsi asal tidak ada zat kimia yang berbahaya bagi tubuh," ungkapnya.





Tonton juga 'Wow! Gelas Bikinan Anak Indonesia Ini Bisa Dimakan':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/fds)
News Feed