Jumat, 19 Okt 2018 14:44 WIB

Bosan Daging dan Tahu Tempe? Coba Saja Kapas, Sumber Protein Baru

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi kapas. Foto: iStock Ilustrasi kapas. Foto: iStock
Jakarta - Biasanya sumber protein yang kita konsumsi setiap hari berasal dari daging-dagingan, atau tahu, tempe, kedelai, dan kacang-kacangan. Bosan dengan sumber protein yang itu-itu saja?

Ternyata ilmuwan menemukan sumber protein baru dari tumbuhan kapas. Ya, kapas yang kerap digunakan untuk bahan tekstil itu ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Awalnya, biji kapas tidak bisa dimakan manusia karena mengandung kadar gossypol yang tinggi, yaitu bahan kimia beracun yang fungsinya melindungi tanaman dari serangga dan mikroorganisme.

Namun, para ilmuwan dari Texas A&M University dengan teknik terbaru RNA interference dapat menghilangkan kandungan gossypol sehingga aman untuk dikonsumsi manusia.

"Bagi saya, secara pribadi, rasanya agak seperti buncis dan itu bisa dengan mudah digunakan untuk membuat hummus (selai dari kacang Arab) yang lezat," ujar Keerti Rathore, salah satu ilmuwan dikutip dari New York Post.



Sebelumnya, biji kapas yang diekstraksi pun sudah bisa dibuat menjadi minyak goreng yang juga berprotein tinggi. Selain itu juga digunakan untuk makanan hewan unggas.

Namun bukan hanya itu, Rathore menambahkan biji kapas itu juga bisa diubah menjadi tepung untuk digunakan membuat roti dan makanan lainnya yang berprotein. Sementara biji kapas yang utuh bisa dipanggang sebagai camilan atau dibuat pasta selai.

Teknologi ini bisa membantu negara-negara penghasil kapas yang masih memiliki kasus malnutrisi untuk mengatasi permasalahan kekurangan gizi dengan bahan baku kapas, terutama di Asia dan Afrika.




(wdw/up)