Sabtu, 20 Okt 2018 08:01 WIB

Jelang Musim Hujan, Ini Kata Dokter Agar Tak Terkena Flu

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memasuki musim hujan, penyebaran virus flu memang lebih cepat dari biasanya. Sebab, virus dan bakteri lebih mudah berkembang biak pada musim ini.

Selain itu, perubahan suhu yang drastis seperti tiba-tiba hujan dan cuaca menjadi lembap membuat daya tahan tubuh cenderung menurun. Hal ini menyebabkan virus lebih mudah masuk ke tubuh.

"Saat musim hujan karena suhu dingin, aliran darah melambat sehingga sel-sel pertahanan yang ada pada darah juga tidak selalu lancar mengalir ke seluruh tubuh, sehingga mudah sakit," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, kepada detikHealth, Selasa (16/10/2018).

dr. Helmin juga memberikan tips mencegah flu ketika memasuki musim hujan. Diantaranya, menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat yang sesuai dengan pedoman gizi serta berolahraga rutin.


"Sering-sering cuci tangan setiap selesai menyentuh atau menggunakan fasilitas umum seperti bis, kereta, lift, dan selesai dari toilet. Tujuannya untuk menghindari diri terpapar terhadap kuman yang menempel pada area yang baru disentuh karena bisa menginfeksi jika daya tahan tuhuh sedang tidak baik," tambahnya.

Selain itu, dr. Helmin juga menyarankan untuk menghindari kontak langsung dengan penderita flu.

"Kalau memungkinkan ya tidak perlu berdekatan karena saat virus flu itu mudah ditularkan ke orang lain. Kalau tidak memungkinkan ya pakai masker," sarannya.


Jika gejala flu sudah menyerang, dr. Helmin mengimbau agar mengonsumsi obat pereda flu. Misalnya dengan Mixagrip Flu Batuk yang bisa meringankan gejala flu yang disertai batuk. Dosisnya pas, aman dan efektif bila diminum sesuai anjuran. (idr/up)