Minggu, 21 Okt 2018 18:02 WIB

Messi Patah Tulang Lengan, Butuh Berapa Lama untuk Pulih?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Lionel Messi cedera di laga Barcelona vs Sevilla. (Foto: Albert Gea/Reuters) Lionel Messi cedera di laga Barcelona vs Sevilla. (Foto: Albert Gea/Reuters)
Jakarta - Barcelona harus kehilangan Lionel Messi akibat cedera lengan kanan bawah. Tulang radial Messi patah yang mengharuskannya menjalankan terapi, sebelum kembali ke lapangan hijau. Cedera tulang radial yang bisa terjadi di pergelangan dan siku, berisiko dialami siapa saja yang mengalami kecelakaan atau osteoporosis.

Dikutip dari laman American Academy of Aorthopaedic Surgeons (AAOS), masa penyembuhan dan recovery berbeda pada tiap pasien patah radial. Patah siku tipe satu hanya perlu beberapa hari, sebelum bisa menggerakkan siku dan pergelangannya dengan perlahan. Tipe satu perlu waktu tiga minggu sebelum terpantau dengan sinar X. Patah siku tipe dua perlu waktu 1-2 minggu menggunakan penyangga dan ikatan sebelum melakukan fisioterapi. Pasien cedera tipe ini biasanya melakukan operasi sehingga perlu waktu lebih lama.

Patah tipe tiga yang paling parah memerlukan waktu penyembuhan lebih dari dua minggu. Tulang kadang tidak bisa disambung kembali sehingga harus diganti dengan komponen palsu, untuk menjaga fungsi motorik dan kualitas hidup pasien. Sedangkan untuk patah tulang pergelangan, pasien bisa menerima terapi dengan dan tanpa operasi bergantung saran dokter. Terapi tanpa operasi mengharuskan pasien menggunakan pelindung dan penyangga selama beberapa hari hingga 6 minggu. Setelah itu, pasien melakukan fisioterapi untuk mengembalikan fungsi tubuhnya.



Cedera patah, terlepas dari tingkat keparahannya pasti berpengaruh pada pergerakan siku dan lengan. Pasien harus melakukan fisioterapi untuk mengembalikan pergerakan dan kekuatan tubuh. Latihan rutin memungkinkan pasien segera kembali beraktivitas, meski tak langsung menjalankan kegiatan berintensitas tinggi. Memaksakan diri bisa berefek buruk bagi fungsi tulang dan kesehatan tubuh pasien.

Barcelona FC dalam satu pernyataan memperkirakan Messi kemungkinan harus absen hingga tiga minggu mendatang untuk memulihkan cedera. Dengan penanganan, kesehatan, dan latihan yang baik, bukan tidak mungkin Messi bisa kembali merumput usai cedera.

(up/up)
News Feed