Senin, 22 Okt 2018 11:38 WIB

Capaian Imunisasi MR: Papua Barat Tertinggi, Aceh Masih 6,43 Persen

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi pemberian vaksin difteri (Foto: Lamhot Aritonang) Ilustrasi pemberian vaksin difteri (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Imunisasi Measles atau campak dan Rubella (MR) di luar Pulau Jawa hingga kini belum mencapai cakupan target 95 persen. Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengatakan bahwa capaian hingga hari ini sudah meningkat.

"Tadi pagi saya nanya sama Pak Dirjen masih 62 (persen) mudah-mudahan sudah naik. Tetap kita dorong dan mendatangi daerah-daerah yang sulit. Nah ini sudah meningkat, yang sulit-sulit kita datangi kita dekatkan lagi," ujarnya saat ditemui usai melantik pejabat eselon 1 di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Senin (22/10/2018).



Dikonfirmasi kepada Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, cakupan imunisasi MR secara nasional sudah mencapai 63,36 persen. Anung masih berharap cakupan imunisasi MR ini mencapai target pada akhir bulan Oktober.

"Sekali lagi capaian semacam ini secara nasional, tapi ada beberapa daerah kabupaten dan desa yang sudah mencapai di atas 95 persen. Tentu yang sudah di atas 95 persen ini harus kita apresiasi dan harus kita pastikan memang betul," jelas Anung.

Provinsi Papua Barat hingga tanggal 21 Oktober sudah mencapai 98,63 persen dan provinsi tertinggi kedua yaitu Bali dengan cakupan 93,91 persen. Sedangkan provinsi terendah cakupannya yaitu Aceh, 6,43 persen.




Saksikan juga video 'Mimik Anak-Anak Saat Imunisasi Measles Rubella':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)