Senin, 22 Okt 2018 14:00 WIB

Duh! Kemenkes Perkirakan Capaian Imunisasi MR Hanya Sampai 70 Persen

Widiya Wiyanti - detikHealth
Capaian imunisasi MR di Papua Barat tercatat paling tinggi di Indonesia (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Capaian imunisasi MR di Papua Barat tercatat paling tinggi di Indonesia (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Kementerian Kesehatan masih gencar untuk mengkampanyekan imunisasi Measles dan Rubella (MR) di luar Pulau Jawa. Namun hingga tanggal 22 Oktober 2018, cakupan imunisasi baru mencapai 63,36 persen.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono bahkan menuturkan keraguan bahwa capaian imunisasi MR ini bisa mencapai target 95 persen secara nasional.

"Tapi kalau melihat tren capaian, rasanya kita hanya sampai 70 persen nasional. Meski sekali lagi, di beberapa kabupaten kota sudah bisa 95 persen, bahkan ada yang 100 persen," ujarnya saat ditemui di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan, Senin (22/10/2018).



Hal itu dikatakan Anung dikarenakan beberapa tantangan yang berbeda di setiap daerah, namun tantangan yang paling utama yaitu adanya keraguan masyarakat terhadapa kehalalan vaksin MR tersebut.

Anung menegaskan bahwa keraguan masyarakat akan imunisasi dapat berdampak bahaya apabila dibiarkan terus-menerus. Bisa terjadi wabah jika imunisasi tidak tersebar secara merata.

"Jadi keraguan ini musti dijawab oleh masyarakat sendiri dalam mempersiapkan dirinya (mempersiapkan terjadinya wabah), jangan ditumpukkan lagi pada pemerintah. Jangan bilang kalau kita tidak memberikan pelayanan terbaik, wong sudah kok," jelas Anung.

Meski demikian, Anung masih berharap pada akhir bulan ini, imunisasi MR bisa mencapai target 95 persen dan tersebar secara merata. Hal ini terus diupayakan agar Indonesia bisa terbebas dari Measles dan Rubella.






Tonton juga 'Seputar Imunisasi dan Tips Mengatasi Demam Setelahnya':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)