Selasa, 23 Okt 2018 19:02 WIB

Saran Psikolog Jika Mengalami Keinginan Bunuh Diri Seperti Awkarin

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Awkarin mengaku pernah punya keinginan bunuh diri. Foto: Desi Puspasari Awkarin mengaku pernah punya keinginan bunuh diri. Foto: Desi Puspasari
Jakarta - "Waktu SMA, aku pernah bolak-balik masuk rumah sakit karena attempt of suicidal, segitu parahnya mental depression aku dulu," kata Awkarin dikutip dari video di channel Youtube pribadinya.

Attempt of suicidal atau rasa ingin bunuh diri memang kerap kali 'mampir' di benak seseorang yang mengalami depresi atau mental illness. Perasaan ini akan muncul ketika mereka merasa tertekan atau kurangnya support dari teman dan kerabat terdekat.

Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, memberikan beberapa saran yang bisa dilakukan untuk para penyintas depresi yang memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup,



- Dorong diri sendiri untuk mencari bantuan, seperti berbicara dengan teman, keluarga, profesional (psikolog dan psikiater)
- Hindari terlalu banyak waktu sendirian, bertemulah dengan orang, interaksi dengan orang lain yang positif dapat membantu kamu.
- Bila perlu untuk sementara waktu buatlah situasi seperti di rumah, dimana kamu senantiasa dikelilingi oleh orang-orang yang dapat membantumu merasa nyaman.
- Ikuti aktivitas olahraga, yoga, meditasi, ataupun art yang sesuai dengan diri kamu untuk dapat mengekspresikan emosi.

Vero, sapaannya, menambahkan mereka yang mengalami depresi harus mencari tahu dan menemukan bahwa keberadaannya di dalam kehidupan ini bermakna untuk orang lain.

"Keberadaan orang lain yang secara tulus peduli, memberikan perhatian, dan mendengarkan dapat menjadi penyemangat agar mereka mampu melewati masa-masa kritis yang dialami," kata Vero.

(up/wdw)
News Feed